Berita

PACU JAWI JUARA II ATRAKSI BUDAYA TERPOPULER API 2018

Jumat, 23 November 2018 | 09:50 WIB | Lintas SKPD
PACU JAWI JUARA II ATRAKSI BUDAYA TERPOPULER API 2018

Perjuangan masyarakat Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar menjadikan atraksi Pacu Jawi semakin dikenal luas di Indonesia bahkan hingga ke Mancanegara akhirnya mendapatkan hasil yang membanggakan. Pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018 yang didukung penuh Kementerian Pariwisata RI, Pacu Jawi dinobatkan sebagai Juara II Atraksi Budaya Terpopuler API 2018 menyisihkan 10 nominasi lainnya.

Apresiasi pariwisata terpopuler Indonesia ini diterima Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Ekobang Edi Susanto dan diserahkan oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar RI Masruroh pada malam Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (22/11/2108).

Asisten Ekobang Edi Susanto usai menerima piala dan piagam penghargaan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat khususnya Tanah Datar baik yang berada di kampung halaman atau di rantau serta pecinta pacu jawi di mana saja berada yang telah mendukung pacu jawi dalam ajang API 2018 melalui pengiriman sms yang dibuka tanggal 5 Juni s/d 31 Oktober 2018.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung Pacu Jawi menjadi atraksi budaya terpopuler, walaupun belum menjadi juara I karena kalah tipis, kita harus tetap bangga dengan pacu jawi sebagai ikon pariwisata Tanah Datar,” sampai Edi yang turut didampingi Kadis Parpora Abdul Hakim.

Penghargaan ini jelas Edi, mendorong pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk lebih melestarikan dan menjaga kesinambungan alek nagari pacu jawi karena seperti diketahui Porwi (Persatuan Olah Raga Pacu Jawi) Tanah Datar bersama masyarakat selalu berusaha kegiatan ini terlaksana dengan baik. “Penghargaan API 2018 untuk pacu jawi adalah penghargaan untuk masyarakat,” tegas Edi.

Edi juga menyampaikan terima kasih kepada ketua Porwi Tanah Datar beserta seluruh anggota, camat, pemerintah nagari dan masyarakat setempat yang terus melestarikan iven budaya yang sangat diminati wisatawan khususnya fotografer.

“Terima kasih kepada Ketua Porwi Tanah Datar, yang sayangnya tidak bisa hadir karena kurang sehat dan juga kepada Camat Lima Kaum, Camat Pariangan, Camat Rambatan dan Camat Sungai Tarab atas dukungannya,” sampai Edi lagi.

Dikatakan Edi, keberhasilan ini bukan milik pemerintah daerah tetapi milik bersama. “Bapak Bupati dan Wakil Bupati di berbagai kesempatan selalu mengajak ASN, Perantau, Tokoh-tokoh masyarakat, pelajar dan unsur masyarakat lain untuk bersama-sama mengirimkan sms dukungan,” ucap Edi.

Sebagaimana diumumkan penyelenggara, sebut Edi, Pacu Jawi memperoleh dukungan 33,10 persen, sementara Tari Anggguk dari Kabupaten Kulon Progo DIY unggul tipis dengan 34,90 persen dan di peringkat 3 Tari Saman dari Kabupaten Gayo Ules NAD dengan dukungan 12,20 persen.

Sementara Kadis Parpora Abdul Hakim yang juga didampingi Kabid Pariwisata Yendra Aprilia dan Kabid Olahraga H. Jemmy menyebutkan Dinas Parpora Tanah Datar tetap berusaha menjadikan alek nagari pacu jawi sebagai ajang wisata rutin karena sudah mendunia sejak lama dan tercatat mendapat dukungan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Menteri Pariwisata yang diwakili Ibu Masruroh menyampaikan sangat mendukung kegiatan API karena Kemenpar mengharapkan partispasi seluruh masyarakat di seluruh daerah lokasi pengembangan pariwisata sehingga semakin banyak destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Sebagaimana dijelaskan Kementerian Pariwisata RI, Anugerah Pesona Indonesia merupakan Kompetisi Pariwisata Terpopuler Indonesia yang dilakukan masyarakat (people choice) atas obyek atau tujuan wisata. Pilihan masyarakat ini dilakukan secara langsung dengan mengirim SMS dari seluruh provider telepon selular. Ajang API mengajak dan melibatkan seluruh elemen masyarakat daerah dari Kabupaten, Kota, hingga di Provinsi untuk berperan serta dan bekerja bersama-sama memberikan apresiasi kepada obyek atau tujuan wisata serta menjadikan Pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler.

Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kembali digelar untuk ketiga kalinya, dengan total 18 kategori yang dilombakan. Pada penyelenggaraan kompetisi pariwisata daerah ini terdapat kategori Wisata Olahraga & Petualangan, serta Wisata Air dan Ekowisata yang merupakan modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya. Di samping itu, pada tahun ini ada penambahan tiga kategori baru. Yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id