Berita

AKHIRNYA, KAWA DAUN TOREHKAN NAMANYA DI REKOR MURI

Rabu, 28 November 2018 | 14:52 WIB | Umum
AKHIRNYA, KAWA DAUN TOREHKAN NAMANYA DI REKOR MURI

4000 Kopi Kawa dengan gelas “Sayak Karambia” berhasil menorehkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), rekor tersebut tercipta pada saat pergelaran perdana Festival Budaya Minangkabau (FPBM) 2018 dan Festival Keraton Nusantara (FKN) XII yang resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar, Rabu (28/11).

Tak hanya itu, arakan dulang jamba yang telah duluan meraih rekor MURI di tahun sebelumnya, kembali ikut memeriahkan ajang pergelaran budaya terbesar di Sumatera Barat ini dan tercatat 100 wonderful even  bersama Tour De Singakarak (TDS) dan Sawahlunto Internasional Music Festival (SIMFEST).

Diserahkan langsung ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi oleh perwakilan MURI, piagam rekor MURI itu sebagai suatu pembuktian bahwasanya potensi pariwisata di Sumatera Barat khususnya Tanah Datar sangatlah besar baik wisata kuliner, alam, budaya maupun atraksinya.

Sedikit tentang “Kopi Kawa Daun”, minuman tersebut berasal dari daun kopi yang telah melalui proses pengeringan, diolah dengan cara direbus, disaring dan disajikan biasanya bersamaan dengan gorengan. Kopi tersebut dapat dijumpai dengan mudah di beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar.

“Memang kawa daun adalah minuman khas Tanah Datar, minuman tradisi anak nagari yang sering dinikmati sehabis panen, kenduri dan waktu bersantai masyarakat. Dengan telah diterimanya rekor MURI tentu kawa daun dapat dikenal luas nantinya,” ucap Bupati selepas acara.

Ajang FPBM 2018 sudah ketiga kalinya gelar pemerintah Kabupaten Tanah Datar, berlangsung dari tanggal 28 sampai dengan 2 Desember 2018.  Dinobatkan sebagai salah satu acara budaya terbesar di Sumatera Barat, Pesona Budaya Minangkabau ini dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara terdiri dari Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Jamba, Pagaruyung Expo, Pameran Benda Pusaka, Pagelaran Seni Raja Nusantara, Pergelaran Seni Minangkabau, Pergelaran Kesenian Melayu dan Riau, Fashion Show Authentic Minangkabau dan taka kalah menariknya Alek Nagari Pacu Jawi yang baru-baru ini meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) peringkat ke 2 skala Nasional.

“FPBM ini dilaksanakan berbagai kegiatan, mari turut serta ramaikan bersama-sama namun tetap menjaga keamanan serta kenyamanan para tamu kita sehingga ke depan mereka kembali berkunjung sebagai wisatawan,” ujar Gubernur dalam sambutannya sesaat membuka acara. (Humas/rhn)

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id