Berita
Seminar ABS SBK Bakal Digelar 15-16 Desember 2018

BUPATI IRDINANSYAH TINJAU PERSIAPAN LOKASI

Senin, 10 Desember 2018 | 13:59 WIB | Seremonial
BUPATI IRDINANSYAH TINJAU PERSIAPAN LOKASI

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi dinas terkait meninjau kesiapan salah satu tempat digelarnya Seminar Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS, SBK) pada tanggal 15-16 Desember 2018 di Puncak Pato, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Senin (10/12).

Diketahui bahwa nantinya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno direncanakan juga hadir di rangkaian acara tersebut, dimulai seminar di Hotel Emersia hingga berlanjut ke Puncak Pato dengan melibatkan Forkopimda, kepala OPD, tokoh masyarakat, MUI se Sumatera Barat dan tamu undangan lainnya.

Mulai dari jalan masuk akses menuju ke lokasi hingga tempat di mana acara berlangsung tak luput dari perhatian Bupati untuk dapat dipersiapkan secara matang oleh jajaran terkait sebagaimana mestinya.

“Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda khususnya masyarakat Tanah Datar, agar kembali mengingat cikal bakal berdirinya marwah Minangkabau lewat Sumpah Sati Bukik Marapalam melibatkan Cadiak Pandai, Alim Ulama dan Niniak Mamak dikenal “tigo tungku sajarangan” yang melahirkan falsafah ABS SBK,” ujarnya.

Sekilas tentang sumpah sati bukik marapalam yang terjadi lewat perang Paderi antara kaum Ulama dan kaum Adat. Pada saat itu kaum ulama menganggap kebiasaan masyarakat Minangkabau dahulu bertentangan dengan ajaran Islam, hingga terjadi perang Paderi pada tahun 1803, singkat cerita perang Paderi berakhir pada tahun 1837 dengan perjanjian Bukik Marapalam.

Senada dengan apa yang disampaikan Bupati, di tempat yang berbeda Kabag Kesra Afrizon menyampaikan seminar bertujuan untuk menguatkan kembali Sumpah Sati Marapalam yang telah disampaikan nenek moyang pada dahulunya.

“Semangat bersatu untuk menggerakkan falsafah ABS SBK kembali akan digelorakan lewat seminar ini dengan rangkaian acara, seminar di Hotel Emersia, mengukuhkan kembali sumpah sati bukik marapalam berlokasi di Puncak Pato, launching buku biography ulama Sumatera Barat di Indo Jolito dan terakhir menyampaikan hasil seminar bertempat di Istano Pagaruyung,” ujarnya.

Turut mendampingi Bupati, Camat Lintau Buo Utara Suripto, Kabag Administrasi Pembangunan Audia Safitri, Kabid Pariwisata Yendra Aprilia serta jajaran pemerintah terkait lainnya. (Humas/rhn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id