Berita

7 PEMANGKU ADAT DILEWAKAN DI NAGARI SUNGAI JAMBU

Rabu, 26 Desember 2018 | 23:01 WIB | Seremonial
7 PEMANGKU ADAT DILEWAKAN DI NAGARI SUNGAI JAMBU

Sebanyak 4 Pangulu bersamaan 3 Khatib di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar dilewakan. 4 Pangulu tersebut menyandang gelar yang sudah lama tidak terpakai (mamakai kain talipek), Rabu (26/12).

Gelar yang dilewakan yakni Datuak Majo Indo dari Suku Piliang disandang Delpis, Datuak Tanaro Nan Bagak dari Suku Chaniago disandang Syarwardi, Datuak Marajo Lelo Nan Pingai dari Suku Piliang Sani disandang H. Mahpal dan Datuak Rajo Lelo Nan Basa dari Suku Chaniago Jambak Ulu disandang Zulfendriwan. Sedangkan Khatib Majo Indo Nan Putieh dari Suku Piliang disandang Dodi Kurnia, Khatib Tanaro dari Suku Chaniago disandang Abel Tasman dan Khatib Marajo dari Suku Piliang Sani disandang Darmansyah.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pangulu bertanggungjawab menjaga anggota kaum, suku dan nagari yang mampu kusuik manyalasaian, karuah mampajaniahan.

“Peranan pangulu di tengah-tengah masyarakat sangatlah berdampak besar, batangnyo tampek basanda,  dahannyo tampek bataduah, buahnyo untuak ka dimakan, daunnyo tampek balinduang, untuk itu pemerintah mendukung setiap kaum bisa melawakan gala yang talipek, mambangkik batang tarandam,” ujarnya.

Irdinansyah berharap tangung jawab yang telah diamanatkan kepada pangulu yang telah dilewakan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya untuk membawa anak  kemanakan ke arah yang lebih baik.

“Dengan telah dilewakan gala yang telah lama tidak terpakai ini, diharapkan kepada para pangulu yang diberikan amanah untuk bisa mengembannya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LKAAM Tanah Datar Hafzi Datuak Batuah mengatakan malewakan gala pangulu ini merupakan hasil kesepakatan kaum masing-masing, mandirikan rajo sapakaian alam, mandirikan Panghulu sakato kaum, yang berarti seorang Pangulu telah resmi menjadi pemimpin di kaumnya.

“Kaluak paku kacang balimbiang, tampuruang lengak-lengokan, baok manurun ka Saruaso, tanam lah siriah sarato jo ureknyo, anak dipangku kamanakan dibimbiang, urang kampuang dipatenggangkan, tenggang nagari nan jan binaso, tenggang sarato nan jo adaiknyo, itu lah tugas pangulu semestinya,” ujarnya.

Ketua KAN Sungai Jambu Dt Rajo Tianso mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mambangkik batang tarandamsaciok bak ayam, sadanciang bak basi. “malewakan pangulu ini merupakan pengantian gelar yang telah  lama tak terpakai, patah tumbuah hilang baganti,” ujarnya.

Turut hadir pada saat itu Sekda Hardiman, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Camat Pariangan Abdurahman Hadi, Ketua KKTD Yuherman, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan para tamu undangan lainnya. (Humas/rhn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id