Berita
Seminar Hasil Kelitbangan 2018

BUPATI TANAH DATAR : PERLU KAJIAN DALAM PENGGUNAAN BANTUAN KEUANGAN KEPADA..

Kamis, 27 Desember 2018 | 23:15 WIB | Lintas SKPD
BUPATI TANAH DATAR : PERLU KAJIAN DALAM PENGGUNAAN BANTUAN KEUANGAN KEPADA PEMERINTAH NAGARI

Dalam mendukung pelaksanaan agenda Pembangunan Nasional Nawacita yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019, terutama dalam perwujudan cita ke III yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemerintah Tanah Datar khususnya melalui Kelitbangan tahun 2018 melaksanakan kegiatan kajian, fasilitasi dan inovasi daerah. 

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili staf ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Zulkifli.SR di hadapan tim ahli dari Unand dan PGRI Sumbar, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Camat, Wali Nagari se Tanah Datar dan Pendamping Desa serta pendamping Lokal Desa pada kegiatan Seminar hasil “Kegiatan Kajian Efektivitas Perencanaan dan Penganggaran (Pengelolaan Keuangan Nagari)”, Kamis (27/12/2018) di Ballroom Emersia Hotel Batusangkar. 

Zulkifli mengungkapkan, Pemkab Tanah Datar mengalokasikan sumber pembiayaan untuk pembangunan pemerintahan nagari yaitu dana desa, alokasi dana desa dan bantuan keuangan yang bersifat khusus. 

“Alokasi bantuan kepada pemerintah nagari selalu meningkat, 2015 sebesar Rp.70 Milyar lebih menjadi Rp.193 Milyar lebih pada 2018, akibatnya meningkat juga bantuan keuangan pada pemerintah nagari,” terang Zulkifli. 

Di mana, tambah Zulkifli, alokasi masing-masing nagari tahun 2015 sebesar Rp.605 juta lebih sampai Rp.3 Milyar lebih, tahun 2016 meningkat jadi Rp.1,2 Milyar lebih sampai Rp.3,6 Milyar lebih, tahun 2017 Rp.1,4 Milyar lebih sampai Rp.4,2 Milyar lebih dan tahun 2018 sebesar Rp.1,4 Milyar lebih sampai Rp.5,3 Milyar lebih. 

“Penggunaan bantuan keuangan kepada Pemerintah Nagari sudah ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan berlaku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karenanya perlu dilakukan kajian seperti kegiatan ini,” tukas staf ahli. 

Sementara itu Kabid Litbang dan Perencanaan Masni Yuletri dalam laporannya menyampaikan, kegiatan seminar hasil sudah melalui beberapa tahapan kajian efektivitas perencanaan dan penganggaran pengelolaan keuangan nagari. 

“Kita telah laksanakan tahapan inventarisasi permasalahan 15 Mei dan 4 Juni lalu bersama dinas terkait, kemudian pengumpulan data dan wawancara dengan wali nagari dan perangkat nagari pada Juli sampai Oktober serta Focus Group Discussion (FGD) kajian pada 13 dan 14 Desember lalu dan diakhiri hari ini dengan Kegiatan Seminar Hasil,” ujarnya. 

Masni Yuletri menambahkan, melihat betapa pentingnya penyampaian hasil kajian yang telah dilakukan tim ahli, maka panitia mengundang OPD, Camat, Wali Nagari dan lainnya yang bersentuhan langsung dengan kegiatan ini. 

“Peserta yang kita undang ada sekitar 170 orang dari OPD, Camat, Wali Nagari dengan menghadirkan Bapak Ansofino tim ahli bidang perencanaan Wilayah Pedesaan, Bapak Asrinaldi tim ahli Bidang Politik dan Otonomi Daerah serta Bapak Afridian Wirahadi Ahmad tim ahli Bidang Akuntansi Publik sebagai tim ahli yang membantu dalam kegiatan kajian ini,” tukasnya. 

Di kesempatan setelahnya Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah menyampaikan, pada masa sebelumnya program yang disusun pada musrenbang nagari paling hanya 5 % sampai 10% saja dilaksanakan dari program dan usulan. 

“Masa sebelumnya karena keterbatasan anggaran, banyak program pembangunan yang disusun dalam Musrenbang, namun sekarang dengan dana nagari yang sangat besar maka dibutuhkan kehati-hatian dalam mengelola anggaran, inilah tujuan kegiatan ini agar kita bisa merencanakan dan melaksanakan dengan baik, sehingga tidak terjadi masalah setelahnya,” kata Alfian. 

Karena itu, Alfian Jamrah berharap seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan sebaik-baiknya. “Manfaatkanlah momentum ini dengan sebaiknya, galilah informasi dan pengetahuan dari tim ahli kita sehingga kita bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya terutama dalam pengelolaan keuangan nagari,” pesannya. (Humas-dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id