Berita

Bupati Tanah Datar Buka Secara Resmi Pacu Kuda Tradisi dan Terbuka Tanah Datar

Senin, 21 Oktober 2013 | 10:52 WIB | Seremonial
Bupati Tanah Datar Buka Secara Resmi Pacu Kuda Tradisi dan Terbuka Tanah Datar

Kuda Baringin Jaya milik M. Shadiq Pasadigoe, Bupati Tanah Datar keluar sebagai juara pertama di kelas AB terbuka Jarak 1800 M, pada Pacu Kuda Tradisional Terbuka Tanah Datar di Gelanggang Dang Tuangku Bukit Gombak, Batusangkar.

            Kemenangan kuda Baringin Jaya yang dikendalikan oleh Joki Trifan Eri melalui kerja keras, karena dari putaran awal kuda milik Bupati Tanah Datar ini sempat tertinggal, namun berkat kegigihan Trifan untuk mempercepat lari kudanya membuahkan hasil menjelang memasuki finish.

                Pacu Kuda Tradisional dan Terbuka Tanah Datar tahun 2013 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe,  Minggu (20/10) kemaren di Gelanggang Dang Tuangku Bukit Gombak, Batusangkar.

            Alek anak  nagari   yang telah menjadi tradisi masyarakat Minangkabau yang berlangsung selama 2 hari (20-21/10) tersebut diikuti oleh sebanyak  77 ekor kuda dari daerah Propinsi Sumatera Barat.

            Ketua pelaksana  Yusmen St. Sinaro menjelaskan dari sebanyak 77 ekor kuda yang akan berpacu dalam dua hari tersebut, hari pertama akan menampilkan 7 race dan pada hari kedua  15 race.

            Menurut Yusmen, Pacu Kuda Tradisional dan Terbuka ini dapat dilaksanakan tidak terlepas dari bantuan dan dukungan Pemerintah Tanah Datar, Pordasi Sumbar dan Kabupaten Tanah Datar, serta para  donatur dan panitia yang telah menyiapkan acara tradisional ini.

            Bupati Tanahdatar, M. Shadiq Pasadigoe dalam sambutannya pada acara pembukaan itu mengatakan Pacu Kuda merupakan salah satu alek dan permainan anak nagari yang sejak dulu yang kini sudah menjadi tradisi kita yang pada tahun ini dapat kembali dilaksanakan.

            Oleh sebab itu Pemerintah Tanah Datar  bersama Pordasi berupaya untuk melaksanakan  kegiatan alek nagari Pacu Kuda yang telah mentradisi ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan Minangkabau pada umumnya,

            Bupati menyatakan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah ikut memberikan bantuan dan dukungan sehingga Pacu Kuda Tradisi dan Terbuka ini dapat dilaksanakan, dengan harapan akan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses sampai selesai, harap Bupati (Humas/Vr)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id