Berita
Bupati Irdinansyah Pimpin Rapat Forkompinda

TIDAK ADA PERAYAAN TAHUN BARU DI TANAH DATAR

Jumat, 28 Desember 2018 | 04:09 WIB | Seremonial
TIDAK ADA PERAYAAN TAHUN BARU DI TANAH DATAR

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pimpin Rapat Koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Datar guna membahas persiapan menghadapi pergantian tahun 2018 menuju 2019, Kamis (27/12) di Aula Eksekutif Kantor Bupati di Pagaruyung. 

Dalam rapat itu Bupati Irdinansyah menyampaikan, Pemda telah mengeluarkan himbauan Bupati tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di Kabupaten Tanah Datar. "Dalam surat edaran Nomor 451/1510/Kesra-2018 memuat himbauan agar masyarakat, pelaku wisata, ninik mamak untuk tidak melaksanakan aktivitas ataupun memfasilitasi kegiatan keramaian dalam menyambut pergantian tahun," ujarnya.

Karena itu, Irdinansyah berharap kepada OPD terkait untuk koordinasi dengan Kepolisian maupun TNI untuk melakukan pengawasan. "Kecenderungan keramaian di objek wisata, seperti Istano Basa Pagaruyung, Taman Pagaruyung, Ombilin, Puncak Aua Sarumpun, Puncak Pas, Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Tanjung Mutiara maupun aktivitas pendakian gunung Marapi serta banyak lokasi lainnya harus diawasi Satpol PP, Polisi dan ninik mamak serta peran masyarakat agar tidak ada aktivitas dalam menyambut tahun baru," katanya.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas menyampaikan, pihak kepolisian siap selalu untuk lakukan pengamanan tahun baru, maupun mengawal hasil kesepakatan pemerintah daerah. "Khusus untuk aktivitas pendakian gunung Marapi maupun Singgalang, kita rekomendasikan untuk ditutup, disebabkan kondisi cuaca cukup ekstrim, seperti angin kencang dan lainnya," sampai Bayu. 

Selepas itu Ketua DPRD Anton Yondra menyampaikan, sebaiknya menerbitkan surat larangan bersama bukan sekedar himbauan. "Saya sarankan kepada Bapak Bupati dan semua yang hadir, bagaimana kalau kita komit saja untuk menerbitkan surat edaran larangan untuk tidak boleh melaksanakan aktivitas keramaian dalam menyambut pergantian tahun, karena memang kita lihat banyak efek negatifnya, apalagi kita akan menegakkan ABS SBK," kata Anton. 

Setelah mendengar masukan dan saran dari Forkopimda lain, seperti dari Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Polres Padang Panjang, Kepala OPD, Camat dan lainnya diputuskan "Pemerintah bersama Forkopimda Kabupaten Tanah Datar sepakat melarang aktivitas mendaki gunung dan aktivitas keramaian lainnya dalam menyambut tahun baru," tutup bupati. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id