Berita
Launching Website Dua Nagari Bertetangga

WABUP ZULDAFRI : MANFAATKAN UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Sabtu, 29 Desember 2018 | 01:02 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI : MANFAATKAN UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Kehadiran website bagi nagari sudah menjadi sebuah kebutuhan. Banyak informasi yang bisa ditampilkan untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan sebuah nagari kepada masyarakat baik yang ada di kampung maupun yang ada di rantau.

Tidak hanya itu “dunia” luar pun bisa melihat sekilas isi suatu kampung di mana saja berada, tanpa bersusah-susah harus  datang.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat peluncuran website Nagari Parambahan dan Nagari Labuah di Kantor Walinagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (28/12).

“Website nagari yang sudah ada ini, agar bisa dikelola dengan baik dengan mengisi dengan data-data dasar, pelayanan yang ada serta potensi yang dimiliki sehingga menjadi menjadi website yang informatif dan menarik bagi yang melihatnya, kehadirannya bisa berdampak peningkatan kesejahteraan masyarakat jika dikelola dengan tepat,” harap Zuldafri.

Zuldafri sampaikan juga kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan tepat, website tidak hanya sekedar tentang profil nagari tetapi bisa dimanfaatkan untuk promosi seluruh potensi nagari baik kuliner, industri kecil atau objek wisata, yang diharapkan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Zuldafri katakan lebih lanjut masyarakat kedua nagari yang bertetangga ini ini patut berterima kasih, tidak hanya sudah tersedia jaringan internet juga sudah ada website nagari, untuk itu tidak hanya menjadi tugas walinagari tetapi harus didukung secara bersama-sama oleh perangkat nagari dan wali jorong mewujudkan website yang informatif dan menarik.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat nagari, kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah membawa program yang bermanfaat ini melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, ini artinya telah membantu program pemkab Tanah Datar untuk mewujudkan jaringan internet dan website ke seluruh nagari di Tanah Datar serta ucapan terima juga kepada Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang dengan Program Teknologi Tepat Nagari Hebat, semoga kerjasama ini bisa dilanjutkan di nagari-nagari lain di Kabupaten Tanah Datar,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Tim UNP Prof. Dr. Nizwardi Jalinus, M.Pd menyampaikan untuk keberlanjutan website dengan alamat www.nagariparambahan.com dan www.nagarilabuah.com, tim telah memberi pelatihan kepada admin webiste untuk pengelolaannya. Selain program pembuatan website, UNP juga membantu pembuatan tiang baliho himbauan waspada bahaya narkoba dan LGBT.

Sementara Ketua Tim STTIND Padang Ir. Riko, E, MT menyebutkan melalui program pengabdian masyarakat, pihaknya telah menyelenggarakan pelatihan e-rapor dan e-jurnal untuk guru-guru, pelatihan kewaspadaan bencana dan pemaparan potensi energi micro hidro.  

Kadis Kominfo Abrar dalam kesempatan itu menyebutkan secara teknis jajarannya siap melakukan pendampingan bagi admin website ke dua nagari. “Website sudah ada, yang perlu dilakukan adalah updating informasi sehingga bermanfaat untuk masyarakat, ke depan juga diharapkan website membantu memudahkan pelayanan masyarakat via online dan terjadi interaksi antar pemerintah nagari dengan masyarakat,” jelas Abrar.

Turut hadir Walinagari Parambahan Robi Yasdi, Walinagari Labuah E. N Kh. Muncak Rajo, Ketua KAN, Wali Jorong  dan tokoh masyakarat dari kedua nagari ini. (Humas-wn)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id