Berita
Rangkaian Peresmian Istano Basa Pagaruyung Dimulai

Ninik Mamak Dan Bundo Kanduang Ziarah Ke Makam Raja Pagaruyung

Rabu, 23 Oktober 2013 | 15:31 WIB | Seremonial
Ninik Mamak Dan Bundo Kanduang Ziarah Ke Makam Raja Pagaruyung

Rangkaian kegiatan peresmian Istano Basa Pagaruyung dimulai, dua tim Ninik Mamak dan Bundo Kanduang melakukan ziarah ke kuburan Rajo Tigo Selo yang pernah bertahta di Minangkabau dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar, ziarah kubur ini berlangsung Rabu (23/10).

Peserta ziarah Tim I dipimpin oleh Arsal Ummah Dt.Bijo dengan anggota tiga orang Ninik Mamak Pagaruyung, dua orang unsur LKAAM Tanah Datar, 6 orang unsur Bundo Kanduang Tanah Datar, 1 orang Bundo Kanduang Pagaruyung dan 1 orang pembaca doa.  Tim I melakukan ziarah ke kuburan Rajo Alam di Pagaruyung, kuburan Aditiawarman di Lima Kaum dan kuburan Dt.Tantejo Gurhano di Pariangan.

Sedangkan Tim II dipimpin oleh Irsal Veri Idrus Dt.Lelo Sampono dengan peserta ziarah  Ninik Mamak Pagaruyung 5 orang, LKAAM Tanah Datar 3 orang, Bundo Kanduang Tanah Datar 4 orang dan pembaca doa 1 orang, ziarah ke makam kuburan Rajo Adat di Buo Kecamatan Lintau Buo dan kuburan Rajo Ibadat di Sumpur Kudus.

Peserta ziarah pada masing-masing tempat ditunggu oleh Camat, Wali Nagari, KAN dan Ninik Mamak, dan dilokasi ziarah disamping tabur bunga juga doa bersama masing-masing dipimpin oleh Buya Kamaruzzaman dan Ali Nardius, sehingga ziarah dalam rangka peresmian Istano Basa Pagaruyung yang telah selesai dibangun paska terbakar 27 Juli 2007 lalu itu berlangsung hikmad dan berjalan dengan lancar.

Khusus di Sumpur Kudus Kecamatan Kumanis Kabupaten Sijunjung, peserta ziarah ditunggu Wali Nagari Sumpur Kudus Irwan Kudus, Ketua KAN H.S Dt.Bandaro Hitam dan sejumlah Ninik Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Sumpur Kudus.

Rangkaian kegiatan selanjutnya Ratik Talak Bala akan berlangsung di Tanjung Mutuih dalam lokasi Istano Basa Pagaruyung Jumat (25/10) yang diawali dengan azan dan shalat ashar, prosesi selanjutnya Sabtu (26/10) penyembelihan kerbau dan Minggu (27-10) akan dilangsungkan acara menaiki rumah gadang sekaligus Pati Ambalau pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang Tanah Datar, acara ini juga akan dihadiri Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar selaku Ketua Panitia Pembangunan Istano Pagaruyung.

Sedangkan hari puncak peresmian Istano Basa Pagaruyung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono Yang Dipatuan Maharajo Pamuncak Sari Alam akan berlangsung Rabu (30/10), masyarakat Tanah Datar sangat mengharapkan Preresmian Istano Basa Pagaruyung ini dihadiri langsung Presiden SBY, karena Batagak Tonggak Tuo dihadiri Wapres RI waktu itu Jusuf Kalla pada tanggal 8 Juli 1997 (Humas).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id