Berita

HAB KEMENAG KE-73, MENTERI AGAMA RI INGATKAN DI TAHUN POLITIK JAGA KEBERSAMAAN..

Kamis, 03 Januari 2019 | 14:31 WIB | Lintas SKPD
foto

Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-73 tahun 2018 dilaksanakan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kamis (3/1/2019).

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bertindak selaku inspektur upacara dan diikuti seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) jajaran kemenag, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Mahasiswa dan Pelajar

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Wakil Bupati Zuldafri Darma disebutkan, "memasuki tahun politik Kementerian Agama mengajak seluruh warga negara Indonesia menjaga kebersamaan umat, senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok serta golongan kepentingan. Ini sesuai tema yang diangkat kali ini, Jaga Kebersamaan Umat.

"Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama harus menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Ujaran, perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari, jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati dan saling melukai hati antar sesama anak negeri," sebutnya.

Dalam sambutan tersebut Zuldafri juga menyebut jika Kemenag RI mengajak untuk memperingati HAB Kemenag ke-73 ini dimaknai dengan kesederhanaan, keprihatinan dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti Lombok, Palu, Banten dan Lampung.

"Tujuh puluh tiga tahun silam, tepatnya 3 Januari 1946, pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga saat ini," ungkap Zuldafri lagi.

Zuldafri juga menyebutkan, memasuki tahun 2019, enam sasaran strategis Kementerian Agama yang telah digariskan yakni, meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

Dalam sambutan itu juga disebut jika toleransi beragama dimaknai sebagai sikap, "menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain,". Sementara moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrim.

Pada saat Dirgahayu HAB ke-73 Kementerian Agama tersebut juga diberikan Piagam Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia bagi ASN di lingkup Kemenag Tanah Datar. (Humas-Irfan F)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id