Berita

WAKIL BUPATI ZULDAFRI DARMA LAKSANAKAN PANEN DEMPLOT PADI

Kamis, 10 Januari 2019 | 15:05 WIB | Seputar Kecamatan
WAKIL BUPATI ZULDAFRI DARMA LAKSANAKAN PANEN DEMPLOT PADI

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai petani, dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan hasil produksi pertanian melalui berbagai inovasi terbaru oleh para ahli.

Upaya ini tentu memiliki berbagai macam alasan, di antaranya adalah untuk mensiasati meningkatnya jumlah penduduk dan berkurangnya lahan akibat perubahan fungsi lahan. Untuk itu salah satu upaya yang tepat dilakukan adalah meningkatkan hasil produksi dengan menekan biaya seminimal mungkin.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma usai melakukan panen raya Kamis (10/1) di Sawah Baru jorong Silabuak nagari Parambahan kecamatan Lima Kaum.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi,  Kadis Koperindag Tanah Datar Marwan, Kadis Parpora Abdul Hakim, Kabag promosi PT. Petrokimia Gresik Indonesia Asep Saepul, Tokoh Masyarakat Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe, Camat, Wali Nagari, penyuluh, kelompok tani dan lainnya.

Wabup sampaikan, program yang dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik ini ini merupakan rahmat bagi petani khususnya warga jorong Silabuak Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum. “Kegiatan ini sangat penting dan strategis, kalau di luar negeri sudah menjadi industri selain itu pertanian juga tidak bisa dipisahkan lagi dengan teknologi,” ajaknya.

Disampaikan bercocok tanam yag baik harus dipelajari lagi, bisa bertanya kepada penyuluh atau yang lainnya sehingga hasil yang  yang diperoleh bisa maksimal.

“Untuk itu, produk pupuk yang ditawarkan oleh PT. Petrokimia Gresik dengan menggunakan pupuk Ponska plus ini terbukti berhasil meningkatkan hasil panen dan terbukti bisa juga menghindari hama tikus,” ucapnya.

“Kalau hasil produksi pertanian meningkat dan kualitas bertambah yang akan beruntung kita juga termasuk pemerintah daerah, pemda akan mendukung sepenuhnya untuk mensejahterakan masyarakat melalui pertanian karena 70% lebih penduduk kabupaten Tanah Datar hidup sebagai petani,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama dengan pihak Petrokimia Gresik ini kita harapkan petani kita akan lebih sejahtera lagi. Karena selama ini hasil kita sekitar 5 ton/ha dan dengan menggunakan Phonska plus hasil kita meningkat hampir 50% menjadi 7 ton/ha, ucapnya lagi

Dari hasil ujicoba tersebut menurut salah seorang staf promosi dari PT. Petrokimia Gresik wilayah Sumatera Gigih Sumardiyono menyatakan bahwa menggunakan produk pupuk organik kombinasi dengan pupuk kimia yang ditawarkan oleh PT. Petrokimia Gresik ternyata terbukti berhasil meningkatkan hasil produksi pertanian terutama pada tanaman padi.

Menurut analisa yang dilakukan oleh pihak Petrokimia Gresik menyatakan bahwa dengan menggunakan metode yang ditawarkan ini akan meningkatkan hasil produksi yang sangat signifikan dibandingkan dengan sistem yang telah dilakukan oleh masyarakat selama ini.

Pihak Petrokimia Gresik melalui Gigih katakan, berdasarkan hasil pelaksanaan di lapangan yang menggunakan pupuk Phoska plus dengan hasil panen/ha diperkirakan 7 ton, kalau harga gabah kering Rp 5 ribu/kg berarti hasil Rp 35 juta. Hasil setelah dikurangi biaya produksi akan menjadi sebesar Rp.23-25 jt/ha selama 3 bulan. Sementara dengan menggunakan cara yang selama ini digunakan oleh masyarakat dengan biaya produksi Rp10 juta/ha menghasilkan rata-rata 5,2 ton/ha.  (humas/eri/adi)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id