Berita
Musrenbang Nagari se Tanah Datar Dimulai

PERTIMBANGKAN SKALA PRIORITAS DALAM PERENCANAAN

Jumat, 25 Januari 2019 | 02:59 WIB | Seputar Kecamatan
PERTIMBANGKAN SKALA PRIORITAS DALAM PERENCANAAN

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari merupakan langkah awal dalam lahirnya sebuah program pembangunan, karena itu perlu dikaji skala prioritas dan kebutuhan pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga nantinya memberi dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat. 

Hal ini disampaikan Staf Ahli Bupati Zulkifli SR, sebagai ketua tim II pembinaan Musrenbang Kabupaten Tanah Datar dihadapan Ketua DPRD Anton Yondra beserta beberapa anggota DPRD, Camat, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab dan masyarakat Nagari Kumango dalam acara Musrenbang Nagari Kumango, Kamis (24/1/2019) di gedung serbaguna kantor Wali setempat. 

Zulkifli menambahkan, agar tidak terjadi tumpang tindih perencanaan, diharapkan pihak perumus untuk saling koordinasi dan mengkaji lebih cermat tentang kebutuhan pembangunan yang ingin dicapai. “Tim perumus, harus melihat dan mengkaji program pembangunan yang akan dilaksanakan memang menjadi tanggungjawab nagari, seperti dalam perencanaan pembangunan atau rehab jalan, apakah itu jalan Kabupaten ataupun jalan propinsi,” katanya.

Itu harus jadi perhatian, kata Zulkifli, agar perencanaan pembangunan lebih efesien dan tepat sasaran. “Wali Nagari sebagai leading sektor serta penanggungjawab anggaran tentu harus berkoordinasi dan merangkul seluruh elemen di nagarinya untuk tentukan perencanaan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakatnya, sehingga kalau sudah bersama tentu tidak akan ada lagi masyarakat yang dikecewakan,” tambahnya. 

Staf Ahli Zulkifli SR menambahkan, pelaksanaan Musrebang di Nagari Kumango hari ini bersama beberapa nagari lainnya di Tanah Datar awal pelaksanaan Musrenbang Nagari yang bahas perencanaan pembangunan tahun 2020 dan langkah tindak lanjut Permendagri RI Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan berdasarkan Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 50 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Musrenbang Daerah.

“Musrenbang Nagari yang dilaksanakan Januari sampai Februari oleh seluruh Nagari di Tanah Datar merupakan langkah pertama dari 13 langkah untuk menjadi sebuah program pembangunan, di mana selepas ini dibawa ke Musrenbang Kecamatan sampai DPRD dan disahkan antara DPRD dan Pemkab,” kata Zulkifli.

Sebelumnya Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra menyampaikan, Nagari Kumango terdiri dari 2 jorong yakni jorong Kumango Utara dan Kumango Selatan. “Sesuai dengan Visi dan Misi Nagari Kumango serta penyampaikan dari awal menjabat dulu, program pembangunan akan bersifat adil bagi kedua jorong tanpa pembedaan, namun tentu juga mengedepankan skala prioritas, makanya dalam Musrenbang ini diharapkan masukan, kritik dan saran serta dukungan dalam perencanaan pembangunan untuk kita masyarakat Nagari Kumango,” sampainya. 

Lebih lanjut Iis Zamora memaparkan, ada beberapa bidang program pembangunan yang telah dirumuskan tim dalam usulan rencana kerja pembangunan tahun 2020. “Ada delapan bidang program pembangunan yakni bidang fisik prasarana, ekonomi, sosial budaya, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan,” sampainya.

Dalam paparannya Wali Nagari Kumango menyampaikan, bidang fisik prasarana, seperti pembangunan Banda, perbaikan irigasi, rehab masjid, pengembangan wisata. Bidang Ekonomi ada pengadaan bibit palawija, pengadaan ternak sapi dan kambing, pengadaan bibit ikan, pengadaan mesin perontok jagung, mesin pengering gabah dan beberapa item lainnya. Bidang Sosial Budaya ada pembuatan DAM dan pagar SMP, pengadaan beasiswa SD dan SMP di Nagari Kumango, rehab perpustakaan, pelatihan pidato adat, pengadaan BPJS bagi keluarga miskin dan beberapa item lainnya.

Kemudian pada bidang penyelenggaraan pemerintahan mencakup, belanja penghasilan bagi perangkat nagari sampai rencana pembangunan kantor wali nagari. bidang Pembangunan mencakup berbagai pembangunan perbaikan jalan, batas nagari, pengadaan insentif guru TPA dan beberapa item lainnya. Bidang Pembinaan kemasyarakatan seperti sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kecamatan Sungai Tarab, pengadaan alat sanggar nagari sampai pengadaan pakaian kader nagari.

Serta pada bidang pembinaan kemasyarakatan, seperti pelatihan menjahit pakaian, menjahit bedcover sampai pelatihan pidato adat, pelatihan pengurus BUMNAG, sosialisasi tentang kesehatan dan beberapa item lainnya.

Di akhir penyampaiannya Wali Nagari Iis Zamora mohon dukungan dalam merumuskan pembangunan yang diprioritaskan. “Tanpa dukungan dan kerjasama kita semua, tentu pembangunan di nagari Kumango akan sulit dilaksanakan, karena itu mohon dukungan dan bimbingan kita semua agar program pembangunan tetap terlaksana sesuai aturan dan peraturan yang berlaku,” katanya. 

Di kesempatan itu juga Ketua DPRD Anton Yondra yang juga mewakili anggota DPRD lainnya lainnya menyampaikan dukungan dan ucapan selamat. “Seperti penyampaian bapak Ketua Tim Kabupaten, bahwa hari ini perdana pelaksanaan Musrenbang Nagari yang menjadi langkah awal dari 13 langkah untuk lahir sebagai program kegiatan, makanya diharapkan seluruh masyarakat menyampaikan kebutuhan pembangunan yang dirasa mendesak atau sangat dibutuhkan,” harapnya. 

Sebagai anggota DPRD, tambah Anton, ia bersama rekan-rekan lain mempunyai kegiatan yang dinamakan Bantuan Khusus Keuangan Nagari, namun dianggap bantuan dana pokok pikiran (pokir). 

“Sebenarnya perlu diketahui adalah dana pokir sebenarnya adalah bantuan khusus keuangan nagari, yang perencanaannya berasal dari pokok-pokok pikiran DPRD yang dirancang dan dikelola atas hasil reses atau kunjungan lapangan, sehingga capaian kegiatan diharapkan menyentuh langsung kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id