Berita

NAGARI SALIMPAUNG MUSRENBANG, PENYERAPAN DANA NAGARI JANGAN BANYAK SiLPA

Rabu, 30 Januari 2019 | 02:35 WIB | Seputar Kecamatan
NAGARI SALIMPAUNG MUSRENBANG, PENYERAPAN DANA NAGARI JANGAN BANYAK SiLPA

Nagari Salimpaung salah satu dari enam nagari di Kecamatan Salimpaung. Nagari dengan empat jorong yaitu Jorong Koto Tuo, Nan Duo Suku, Padang Jaya dan Jorong Nan Sambilan ini berpenduduk 5.143 jiwa (1.537 KK) dan saat ini masih membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan fisik di nagari tersebut.

Pada tahun 2018 lalu Nagari Salimpaung ini mendapat alokasi anggaran sebesar Rp.3.439.849.400, yang bersumber dari APBD Kabupaten/Provinsi dan APBN. Terealisasi sebesar Rp.2.659.671.215, atau 77,32 persen, SiLPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) sebesar Rp.780.178.185 atau 22,68 persen.

Untuk tahun 2019 prioritas pembangunan Nagari Salimpaung sebahagian besar dialokasikan untuk pembangunan fisik seperti perbaikan irigasi masyarakat yang saat ini sangat dibutuhkan. Hal itu disampaikan Wali Nagari Salimpaung Marjohan pada saat Musrenbang nagari, Senin (28/01) dikantor Wali Nagari Setempat.

Sementara dari hasil pra musrenbang sebelumnya untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang, Marjohan menyampaikan beberapa kegiatan fisik dan non fisik seperti pembangunan jalan, embung, irigasi, rehab rumah tidak layak huni, pelatihan adat, pelatihan sumbang dua belas, pelatihan TTG, pemberdayaan remaja masjid, pengelolaan sampah dan lainnya.

Untuk pelaksanaan musrenbang di gedung serbaguna yang belum selesai dikatakannya, "Agenda musrenbang dilaksanakan di tempat yang saat ini masih terbengkalai pembangunannya, karena kami tidak bisa mengalokasikan dana desa untuk itu," katanya.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Zulkifli SR, mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada pra musrenbang, sudah ada rancangan dari nagari sehingga pada saat musrenbang dengan tim kabupaten, tinggal memfinalkan, dengan mengelompokkan mana yang prioritas.

Sehingga masyarakat tahu apa saja program nagari yang akan dilaksanakan dan terakomodir dalam anggaran. "Seluruh program yang sudah disusun Wali Nagari bersama stekholder, itu harus kita sepakati terlebih dahulu dan itu pada saat musrenbang ini kita lakukan," sebutnya.

Mengenai kegiatan yang dilaksanakan di nagari Ia minta agar cepat dilaksanakan, "Mulailah kegiatan lebih awal sehingga pelaksanaan dapat sesuai kalender dan skedul yang sudah disusun, karena perencanaan sudah lebih awal dan dana di nagari dapat terserap efektif, jangan sampai menjadi SiLPA di tahun berikutnya," ucapnya.

Sementara untuk dana nagari Zulkifli mengatakan lebih prioritas untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat, jadi harus fokus pada ekonomi, sehingga masyarakat lebih mandiri dan nanti juga dapat menopang pendapatan daerah.

 

Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra didampingi Wakil Ketua DPRD beserta Anggota ini, juga berharap sama agar realisasi anggaran yang sudah direncanakan matang tidak menjadi Silpa dan semua kegiatan yang diakomodir dimasukkan ke dalam RKPD nagari.

"Seluruh kegiatan yang sudah direncanakan tolong dimasukkan ke dalam RKPD Nagari, karena masih ada sekitar 30 persen yang tidak masuk, "katanya.

Musrenbang turut dihadiri Camat Salimpaung Liza Martini, Forkopimca, Tokoh masyarakat, bundo kanduang dan unsur lainnya. (Humas-Irfan F)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id