Berita

Musrenbang Nagari Balimbing, Wali Nagari Paparkan Tiga Program Prioritas

Kamis, 31 Januari 2019 | 04:44 WIB | Seputar Kecamatan
Musrenbang Nagari Balimbing, Wali Nagari Paparkan Tiga Program Prioritas

Ada tiga bidang program prioritas Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Balimbiang Kecamatan Rambatan untuk tahun 2020 dengan memanfaatkan dana APB Nagari, APBD Kabupaten serta anggaran bantuan lainnya yang sah menurut aturan dan peraturan. 

Tiga program itu, kata Wali Nagari Balimbing A Dt. Bagindo Basa dalam agenda Musrenbang Nagari Balimbing, Rabu (30/1/2019) aula setempat yang dihadiri tim Musrenbang Kabupaten, Anggota DPRD, perangkat nagari, tokoh masyarakat dan lainnya adalah program Bidang Sosial Budaya, Bidang Ekonomi, Bidang sarana dan prasarana. 

“Program prioritas Nagari Balimbing dalam Bidang Sosial Budaya direncanakan Pembangunan Puskesmas dan Rawat inap, rehab SMA 2  Rambatan, pembangunan 1 unit ruang belajar SD 10 Balimbing, pembangunan SD 08 balimbing dan MTs Balimbing,” sampai A Dt. Bagindo Basa. 

Sementara itu, tambah Wali Nagari, Bidang Ekonomi direncanakan rehab Pasar Balimbing, pembangunan jaringan telepon, penambahan modal Usaha Kecil menengah (UKM), Pengembangan ternak sapi dan unggas. Dan bidang Sarana prasarana direncanakan pada pengaspalan jalan di jorong-jorong serta rabat beton jalan-jalan di Nagari Balimbing. 

Sementara itu salah seorang anggota DPRD Tanah Datar Muhammad Haikal menyampaikan sudut pandang DPRD terhadap  prioritas pembangunan Nagari yang dibiayai APBD. “Nagari agar memperhatikan jalur perencanaan program pembangunan yang ingin dilaksanakan, dimulai dari Musrenbang Nagari, Musrenbang Kabupaten, sampai ke Rencana Kerja Perangkat Daerah dan akhirnya di sahkan bersama DPRD maka lahirlah program kegiatan yang akan dilaksanakan,” sampai Haikal.

Bahkan, tambah M. Haikal, tahun 2019 Nagari balimbing cukup banyak mendapatkan program pembangunan dari Pemkab Tanah Datar. “Selaku masyarakat Nagari Balimbiang diucapkan terima kasih atas perhatian Pemda, atas berbagai program pembangunan yang dilaksanakan di nagari Balimbing, dan selaku anggota DPRD akan pembangunan dibantu melalui program dan dana pokok pikiran (Pokir),” katanya. 

Sementara itu  Kepala Baperlitbang Afian  Jamrah selaku ketua Tim IV pembinaan Musrenbang Nagari tahun 2019 menyampaikan, perumusan RKP Nagari harus memperhatikan skala kebutuhan dan prioritas untuk dilaksanakan. 

“RKP Nagari diharapkan juga merujuk pada perencanaan yang mendukung pencapaian target RPJMD Kabupaten Tanah Datar, sehingga ketika pembahasan di tingkat selanjutnya tetap menjadi perhatian dan diprioritaskan,” sampai Alfian. 

Diakhir penyampainnya Alfian mengungkapkan,   tema Pembangunan Daerah Tahun 2020 adalah  peningkatan ekonomi Daerah melalui pengembangan sektor pariwisata, peningkatan daya saing dan sektor perrtanian. “Tentu sesuai visi dan misi Kabupaten Tanah Datar 2016-2021 yaitu Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai ABS SBK dapat tercapai, sehingga masyarakat akan lebih sejahtera,” pungkas Alfian. (Humas/Wiwid)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id