Berita
Ikuti Penilaian Kelompok Dasawisma

JORONG PIALA DUNIA DIBERSIHKAN

Kamis, 31 Januari 2019 | 04:50 WIB | Seputar Kecamatan
JORONG PIALA DUNIA DIBERSIHKAN

Kelompok Dasawisma merupakan suatu kelompok beranggotakan 10-20 Kepala Keluarga dalam satu Jorong, bertujuan membantu kelancaran 10 Program Pokok PKK. Dan secara umum kelompok ini bertujuan agar terciptanya sistem kewaspadaan dini terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah kesehatan lainnya yang mengancam dan merugikan masyarakat setempat.

Berawal dari itu, setelah masuk enam besar penilaian profil Dasawisma tingkat kecamatan Lima Kaum yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, Kelompok Dasawisma Anggrek 3 yang terletak di Kampung Piala Dunia di Jorong Belakang Pajak Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum ikuti penilaian Kelompok Dasawisma tingkat Kabupaten Tanah Datar yang akan dilaksanakan Jum'at (1/2) mendatang.

Camat Lima Kaum Afrizal yang akrab disapa Ayah, Rabu (30/1/2019) lakukan peninjauan langsung lapangan ke Kelompok Dasawisma tersebut di Jorong Belakang Pajak. “Melihat kekompokan warga Belpa (Belakang Pajak) terutama Kelompok Dasawisma Anggrek 3, demi menjaga kebersihan lingkungan serta kesehatan masyarakat, perlu diapresiasi dan hargai,” ujarnya.

Namun, tambah Afrizal, kebersihan lingkungan diharapkan tetap digalakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya ketika menghadapi penilaian saja. “Kebersihan merupakan sebagaian Iman, dengan hidup bersih lingkungan sehat, apalagi beberapa waktu lalu kita juga telah terima piala adipura yang merupakan bentuk penghargaan atas pencapaian lingkungan bersih yang menjadi kebanggaan kita semua, karena itu mari kita jadikan hidup bersih menjadi kebiasaan sehari-hari,” pesannya. 

Sementara itu, Kepala Jorong Belakang Pajak Syafri mengatakan, bahwa kegiatan gotong royong bersih-bersih lingkungan sudah menjadi agenda rutin tiap bulannya. “Sebenarnya goro bersih-bersih ini sudah menjadi kebiasaan rutin setiap pagi masyarakat, apalagi terbatasnya lahan pekarangan membuat masyarakat memanfaatkan  Tanaman Buah dan Bumbu dalam Pot (tabulapot), serta ditambah banyaknya lukisan mural di dinding sepanjang gang, menambah semaraknya lingkungan Jorong Belakang Pajak,” ungkap Syafri.

Di kesempatan lainnya,, Wali Nagari Baringin Irman Idrus juga memberikan semangat kepada masyarakat dan berharap Dasawisma Anggrek 3 bisa menampilkan yang terbaik. “Dengan persiapan matang dan dukungan semua pihak ini, Semoga Jorong Kita mampu menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten dan tingkat lebih tinggi lainnya,” katanya dihadapan Ketua PKK Kecamatan Lima Kaum dan Ketua PKK Nagari Baringin. (Humas/Boy Abak)
 
 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id