Berita

PONDOK TAHFIZ PINCURAN AMPALEH JADI BINAAN PEMDA TANAH DATAR

Jumat, 01 Februari 2019 | 07:28 WIB | Seputar Kecamatan
PONDOK TAHFIZ PINCURAN AMPALEH JADI BINAAN PEMDA TANAH DATAR

Penyerahan plakat pondok tahfiz Pincuran ampaleh oleh kabag kesra tanahdatar afrizon kepada pengurus

Rumah Tahfiz Surau Pincuran Ampaleh Jorong Piubuah, Nagari Tanjungbonai, Kecamatan Lintau Buo Utara dinobatkan menjadi rumah tahfiz binaan Pemda Tanah Datar untuk wilayah Kecamatan Lintau Buo Utara. Penobatan tersebut diresmikan langsung oleh Pemda Tanah Datar melalui bagian Kesra Setda Kabupaten Tanah Datar, Kamis (31/1/2019).

Kepala Bagian Kesra Afrizon mengatakan, dipilihnya  Rumah Tahfiz Surau Pincuran Ampaleh sebagai binaan Pemda mewakili rumah tahfiz yang ada di Lintau Buo Utara setelah dilakukan berbagai penilaian sebelumnya.

“Jadi, binaan pemda ini berlangsung selama dua tahun yakni 2019-2020. Masing-masing satu perkecamatan, untuk Lintau Buo Utara saat ini diwakili oleh Rumah Tahfiz Surau Pincuran Ampaleh,” ujarnya.

Penilaian yang dilakukan sebelumnya sebut Afrizon, diantaranya tingginya partisipasi masyarakat, administrasi yang jelas, hasil dari pembelajaran yang terlihat, sumber daya pengelolaan yang jelas. “Dari 11 rumah tahfiz yang ada di Lintau Buo Utara, maka terpilihlah Rumah Tahfiz Surau Pincuran Ampaleh ini,” jelas Kabag.

Nantinya, selama tahun pembinaan tersebut, Pemda akan membantu Rumah Tahfiz Surau Pincuran Ampaleh dalam bidang operasional sebanyak Rp 5 juta setiap ada kegiatan. Selain itu, juga akan dibantu insentif guru ngaji sebesar Rp 1 juta setiap bulan selama dua tahun tersebut.

Sementara itu, Ketua Pengurus Rumah Tahfiz Pincuran Ampaleh Usfanil mngatakan, awal berdirinya Rumah Tafhiz tersebut merupakan hasil kesepakatan warga setempat untuk melahirkan anak-anak penghafal Al Qur’an yang berasal dari kawasan tersebut dan Nagari Tanjung Bonai pada umumnya. Pada mulanya, siswa yang belajar di pondok tahfiz tersebut berkisar sebanyak 30 orang. Seiring waktu jumlah tersebut terus meningkat bahkan hingga empat kali lipat.

Sebelum menjadi pondok tahfiz, awalnya tempat tersebut merupakan sebuah surau. Sejak dahulunya surau itu juga menjadi tempat mengaji bagi anak-anak di kawasan Piubuah. Namun, beberapa tahun terakhir sempat fakum dan tidak ada kegiatan selain hanya tempat sholat.

Selama berdiri sebut Yon Putra, para siswa Pondok Tahfiz Pincuran Ampaleh telah banyak mengaet prestasi seperti mengikuti perlombaan mulai dari tingkat nagari hingga sampai tingkat provinsi.

Selain pengurus inti yang saat ini di Ketuai oleh Usfanil, dan Zulfadli sebagai sekretaris serta Hermalius sebagai bendahara, juga ada beberapa pengurus dalam berbagai bidang lainnya. Setidaknya saat ini terdapat empat orang guru yang mengajar di pondok tersebut.

Sementara itu, Zulfadli Sekretaris Pondok Tahfiz Pincuran Ampaleh menyebutkan, bangunan pondok pernah dirhab pada Juli 2017 lalu, dengan dana swadaya dari perantau, warga, dan juga wali murid, serta bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui pemerintahan nagari.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, mulai dari donatur, masyarakat, serta wali murid yang telah berpartisipasi pada pondok kita ini. dan semoga penghargaan ini dapat menjadikan pondok kita menjadi lebih baik lagi,” tukasnya. (Humas/st)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id