Berita
Serah Terima Progam Pansimas III

48 KK MASYARAKAT JORONG BUNTA SUDAH BISA NIKMATI AIR BERSIH

Jumat, 01 Februari 2019 | 08:11 WIB | Seputar Kecamatan
48 KK MASYARAKAT JORONG BUNTA SUDAH BISA NIKMATI AIR BERSIH

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III di Jorong Balairong Bunta Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar  merupakan salah satu dari 10 Program Pamsimas yang telah diserahterimakan, guna menjawab segala kebutuhan masyakarat akan ketersediaan air bersih.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril saat acara serah terima  Program Pamsimas III  tahun anggaran 2018 di Jorong Balairong Bunta Kecamatan Sungai Tarab, Kamis (31/1).

“Mudah-mudahan program Pamsimas III Jorong Bunta Kecamatan Sungai Tarab dapat membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan kebersihan Masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan petugas pemelihara juga diharapkan bisa bekerja sama dengan terus tetap berkoordinasi dengan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) jika terjadi permasalahan karena KKM lah yang tahu seluk beluk persolaan teknis di lapangan.

“Operasional pun perlu menjadi perhitungan demi ketersediaan air bersih secara berkesinambungan. Jika memungkinkan dibuat Peraturan Nagari tentang pengelolaan air bersih secara baik agar program ini dapat berjalan terus pada waktu yang panjang,” ujarnya.

Nofenril mengatakan walau pun Program Pamsimas III terletak di Jorong Balairong Bunta akan tetapi aset tesebut tercatat sebagai aset Nagari. “Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBN) Nagari mempunyai alokasi anggaran untuk pemeliharaan, perawatan dan sebagainya sesuai ketersediaannya, untuk itu manfaatkanlah sebaik-baiknya” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Wali Nagari Rao Rao Fahmi Muhammad mengucapkan terima kasih kepada pemilik lahan sumber air yang telah berkenan untuk memfasilitasi Program Pamsimas III tersebut. Apa yang menjadi harapan bersama untuk mendapat air bersih telah terwujud berkat kemurahan hatinya.

“Salah satu permasalahan Masyarakat Jorong Balairong Bunta adalah Air. Karena memang secara Topografi Jorong Balairong Bunta terletak pada daerah ketinggian, maka dari itu kami sangat bersyukur Program Pamsimas telah terlaksana sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Ia pun menginformasikan sejauh ini sekitar 48 dari 98 Kepala Keluarga mendaftar telah merasakan manfaat Program Pamsimas III di Jorong Balirong Bunta dan akan terlaksana penyambungan saluran air ke seluruh rumah dalam waktu dekat ini.

“Dihimbau juga kepada Masyarakat untuk dapat menjaga ketertiban terkait penyediaan air bersih di Jorong Bunta , jangan sampai terjadi perpecahan satu sama lainnya, tentu yang sudah terwujud perlu disyukuri bersama. Teruntuk petugas dan masyarakat Jorong Balairong Bunta agar selalu merawat fasilitas Pamsimas , karena memang merawat lebih sulit dari pada membangun” ujarnya.

Sementara itu, Panitia pelaksana Mahfuz Idris mengatakan Intake, pembangunan Pengelolaan Air, Perpipaan PVC, Perpipaan GI, Rumah Pompa, Sumber Energi Listrik, Promkes Masyarakat, Pelatihan PHBS Masayarakat, Pemicuan CLTS, Pelatihan Administrasi, Pelatihan Teknis, Pelatihan KP SPAM dan Kegiatan Operasional menjadi realisasi fisik prigram Pamsimas III di Jorong Balairong Bunta yang anggarannya bersumber dari APBN sebesar Rp. 189 juta dan APB Nagari tahun 2018 sebesar Rp. 27 juta .

“Dengan adanya program Pamsimas Masyarakat dapat menikmati air bersih dengan mudah. Semoga berikutnya seluruh Jorong yang ada di Nagari Rao Rao dapat merasakan program Pamsimas di tahun“tahun selanjutnya,” ujarnya.

Hadir pada saat itu Anggota DPRD Tanah Datar Dapil II, Camat Sungai Tarab  Riswandi, Frorkompinca, Kabag Humas dan Protokol Syahril, , Satuan Kerja Pamsimas,  Tokoh Masyarakat Rao-Rao dan Tamu Undangan lainnya. (Humas/rhn) 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 

Search
Pesona Tanah Datar
Laporan Pengaduan
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id