Berita
Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah I

WABUP ZULDAFRI TERIMA HASIL PENILAIAN LANGSUNG DARI MENPAN RB SYAFRUDIN

Jumat, 01 Februari 2019 | 08:18 WIB | Seremonial
WABUP ZULDAFRI TERIMA HASIL PENILAIAN LANGSUNG DARI MENPAN RB SYAFRUDIN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 wilayah I kepada 185 Pemerintah Daerah yang terdiri 11 Pemerintah Provinsi dan 174 Kabupaten/Kota dalam wilayah provinsi Aceh, Sumut, Kep. Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumbar, Sumsel, Jabar dan Banten, Senin (28/1/2019) lalu di Bandung Jawa Barat. 

Dalam 174 Kabupaten/Kota itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu daerah yang juga menerima langsung hasil evaluasi yang diserahkan Menpan RB Syafrudin dan diterima Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma. 

Di kesempatan itu Menpan RB Syafrudin menyampaikan, melalui implementasi SAKIP paradigma kinerja pemerintahan telah mengalami perubahan, tidak hanya sekedar pelaksana program kegiatan, tapi melakukan program kegiatan dengan cara paling efektif dan efesien. 

“Pada 2017, SAKIP berhasil mencegah potensi pemborosan anggaran dan menghemat Rp.46 triliun, pada 2018  penghematan setidaknya mencapai angka Rp64,8 triliun di 24 provinsi dan 216 kabupaten/kota," katanya

Ditambahkan Menpan RB, banyak kegiatan inefisiensi yang terjadi bertahun-tahun. Jika seluruh pemerintahan, baik pusat maupun daerah dapat terus menerus melakukan efisiensi anggaran, lalu memfokuskannya pada pembangunan, maka Indonesia akan semakin mendekati pintu gerbang kesejahteraan. 

“Sebagai motivasi dan penyemangat bagi Kabupaten/Kota melakukan yang terbaik, maka diberikan penghargaan bagi pemerintah daerah yang berhasil mewujudkan kinerjanya dengan baik, bila mencapai kategori BB akan diberikan Dana Insentif Daerah (DID) dan 2019 ini, sebanyak 45 kabupaten/kota akan mendapatkan DID," tegas Syafrudin.

Sementara itu, Wabup Zuldafri Darma menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh ASN dan Perangkat Daerah atas kerja kerasnya dan komitmennya dalam laksanakan prinsip Money Follow Program, sesuai arahan Presiden RI dan Menpan-RB. 

“Hasil evaluasi menunjukkan Tanah Datar tetap memperoleh prediket B dengan nilai 62,94, sedangkan tahun sebelumnya prediket B juga namun dengan nilai 61,09. Telah terjadi peningkatan walau belum cukup signifikan, namun sudah terjadi usaha ke arah itu dan ini tentu harus diberikan apresiasi,” sampainya. 

Hasil evaluasi implementasi SAKIP kita, tambah Wabup, ada berapa hal yang menjadi perhatian, seperti Komitmen penerapannya belum sepenuhnya mampu menggambarkan efektivitas penggunaan anggaran. “Ada beberapa catatan terkait kualitas implementasi SAKIP yang harus segera ditindaklanjuti, seperti perumusan Rencana Sasaran Strategis pada RPJMD maupun OPD belum sepenuhnya mampu menggambarkan hasil yang dicapai, kemudian belum seluruhnya program dan kegiatan berkorelasi langsung terhadap capaian sasaran strategis dan ada beberapa hal lainnya,” sampai Zuldafri. 

Untuk itu, Wabup Zuldafri berharap kepada OPD terkait untuk lakukan berbagai langkah nyata untuk peningkatan SAKIP sehingga bisa capai prediket BB (Baik Sekali). “Lakukanlah bimbingan dan audiensi dengan Kemenpan RB, lakukan reviu menyeluruh atas dokumen perencanaan kinerja, tinjau langsung ke level terbawah untuk memastikan ketercapaian program sesuai RPJMD, tinjau juga keselarasan antara kegiatan, program dan rencana strategis dengan kedepankan prinsip efesien dan efektif,” pungkas Wabup. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id