Berita
Musrenbang Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab

STAF AHLI BUPATI ZULKIFLI SR : DARI KITO UNTUAK KITO

Kamis, 14 Februari 2019 | 01:14 WIB | Seputar Kecamatan
STAF AHLI BUPATI ZULKIFLI SR : DARI KITO UNTUAK KITO

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari disamping sebagai awal perencanaan program pembangunan di Nagari, juga bisa dikatakan sebagai finalisasi usulan masyarakat yang telah diusulkan pada musyawarah sebelumnya dalam wadah pra Musrenbang Nagari.

Ini diungkapkan Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Zulkifli SR yang juga ketua Tim II Pembina Musrenbang Nagari Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019, saat acara Musrenbang Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab, Rabu (13/2/2019) di aula kantor wali nagari setempat. 

Pelaksanaan Musrenbang Nagari hari ini, tambah Zulkifli, dilakukan untuk menginventarisir program kegiatan yang diusulkan untuk musrenbang kecamatan dan kalau bisa juga menjadi program prioritas pada Musrenbang Kabupaten. "Hari ini kalau masih sekiranya ada program kegiatan yang masih belum masuk usulan, tentu masih bisa dimasukan sebelum dibawa ke musrenbang tingkat selanjutnya, namun tentu juga kita harus mengkaji segi dan faktor prioritas serta kebutuhan masyarakat," sampainya.

Lebih lanjut Zulkifli SR berharap, semua program kegiatan yang direncanakan memang yang menjadi tanggungjawab nagari dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga setelah selesai, memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat. "Hal yang perlu digarisbawahi, dalam pelaksanaan program pembangunan di nagari selalu kedepankan prinsip swakelola dengan memanfaatkan segala potensi nagari yang ada, baik itu tenaga kerja atau lainnya dengan kata lain Dari Kito Untuk Kito," katanya. 

Zulkifli menambahkan, bahwa ia selalu ingatkan agar Pemerintah Nagari untuk berkoordinasi dengan OPD terkait di Kabupaten tentang perencanaan pembangunan perihal mana yang jadi tanggungjawab nagari. "Dalam perencanaan pembangunan jalan, misalnya, Wali Nagari diharapkan berkoordinasi dengan Dinas PU, mana yang bisa dianggarkan Pemerintah Nagari mana yang tidak, sehingga program bisa dilaksanakan, kalau tidak koordinasi bisa saja terjadi perencanaan yang bukan wewenang Nagari, sehingga tidak bisa dilaksanakan dan ujung-ujungnya SilPA," pesannya. 

Di akhir penyampaiannya Zulkifli juga berharap pemerintah nagari tetap merencanakan program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat serta keagamaan. "Pembangunan yang baik kalau tidak diikuti dengan keimanan yang baik juga tentu tidak bagus, makanya program untuk peningkatan pendidikan, kesehatan dan keagamaan harus juga direncanakan," tukasnya. 

Sementara itu, sebelumnya Wali Nagari Padang Laweh Maimun memaparkan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Padang Laweh tahun 2020. "Dalam RKP kita usulkan pembangunan untuk tujuh bidang, yakni bidang fisik prasarana, ekonomi, pemerintahan dan Sosial Budaya, penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta bidang pembinaan kemasyarakatan," sampainya. 

Kemudian Maimun menyampaikan, dalam berbagai bidang program pembangunan memuat perencanaan bidang fisik, seperti pendaman dan pengecoran bahu jalan, perbaikan gorong-gorong, drainase dan lainnya. Di bidang ekonomi dengan program bantuan kepada petani, pengadaan peralatan pertanian, bantuan modal bagi keluarga miskin. Di bidang lainnya ada pelatihan shalat jenazah, pelatihan pidato adat dan beberapa kegiatan lainnya. 

Selepas itu salah seorang anggota DPRD Tanah Datar yang hadir Yalpema Jurin mengungkapkan hal senada dengan penyampaian ketua Tim Kabupaten. "Kewenangan merencanakan program pembangunan harus diperhatikan, jangan sampai melenceng dan dalam pelaksanaannya juga harus dikerjakan oleh yang ahli di bidang masing-masing, sehingga hasil dicapai bisa maksimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Yupelma Jurin tambahkan, anggota DPRD juga mempunyai program yang langsung menyentuh langsung ke tengah masyarakat. "Masing-masing anggota DPRD Tanah Datar mempunyai Dana Pokok Pikiran (pokir) yang lahir atas kunjungan langsung atau reses masing-masing anggota, karena itu kalau saat reses masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasi pembangunan, sehingga bisa kita bantu melalui program itu," katanya. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id