Berita
Halaqah Syukuran 3 Tahun Irama

REFLEKSI UNTUK MEMBANGUN TANAH DATAR LEBIH BAIK

Minggu, 17 Februari 2019 | 17:39 WIB | Lintas SKPD
REFLEKSI UNTUK MEMBANGUN TANAH DATAR LEBIH BAIK

Sebagai bentuk ungkapan syukur telah berjalan selama 3 (tiga) tahun kepemimpinan Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma (Irama) sebagai bupati dan wakil bupati Tanah Datar masa bhakti 2016-2021, dilaksanakan syukuran secara sederhana dan penuh khidmat di Gazebo Indojolito, Minggu (17/02/2019).

Hadir Forkompinda, Sekda Hardiman beserta jajaran, Ny. Emi Irdinansyah, tokoh-tokoh masyarakat, ketua ormas, beserta dan anak panti asuhan serta anak-anak rumah tahfiz.

Acara ini diisi dengan tausiah agama oleh ustadz Asep Herma Ismail,  penampilan hafiz internasional Ahmad dan Kamil "sang mesin google Qur'an" yang didampingi Ustadz Ike Muttaqin serta anak hafiz dari Rumah Tahfiz Fiisabilillah Lima Kaum.

Di sela-sela penampilan, Ike Muttaqin katakan Ahmad dan Kamil bukanlah anak ajaib, karena sudah hafal 30 juz dalam waktu singkat tetapi alquran lah yang ajaib.

“Mari kita pelajari Alquran, tidak ada kata tidak mungkin untuk menghafalnya, karena Alquran adalah mukjizat Allah SWT sehingga orang yang punya kekurangan pada penglihatan saja bisa hafal apalagi yang normal, kuncinya tekad dan usaha yang sungguh-sungguh,” motivasi Ustadz Ike.

Ketua MUI Kabupaten Tanah Datar Dr. Syukri Iska mewakili tokoh masyarakat dalam sambutan menyampaikan apresiasi terhadap program pemerintah daerah terutama program gerakan Subuh Berjamaah, Program Tahfiz dan program bersih lingkungan yang gencar dikampanyekan.

"Program-program tersebut harus terus digiatkan sehingga menjadi keseharian hidup tidak lagi sebatas seremonial belaka," ungkap Syukri.

Syukri juga katakan dengan telah dikukuhkan kembali Sumpah Sati Marapalam beberapa waktu lalu di Puncak Pato, diharapakn bisa jadi momentum memperkuat tungku tigo sajarangan tali tigo sapilin, antara ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai. 

Selain itu Syukri sampaikan pemberdayaan ekonomi syariah, pola pendidikan yang integratif dengan nilai-nilai agama serta penguatan waqaf di Tanah Datar perlu disiapkan konsepnya.

"Doa kami semua, semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kekompakan, tidak ada yang berat jika dikerjakan secara bersama-sama,” ucapnya lagi.

"Semoga Tanah Datar semakin jaya, masyarakat hidup sejahtera, aman dan makmur di bawah nilai-nilai ABS-SBK," harapnya.

Bupati Irdinansyah dalam sambutannya menyebutkan syukuran dilaksanakan secara sederhana sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan dan kerjasama yang baik.

“Kami bersama Bapak Zuldafri Darma, ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, baik itu jajaran pemerintah, forkompinda beserta segenap masyarakat, yang secara bersama-sama membangun Tanah Datar ke arah yang lebih baik,” ungkapnya didampingi Wabup Zuldafri.

Lebih lanjut Irdinansyah sampaikan pemerintah daerah mempunyai fokus pembangunan di bidang SDM salah satunya membangun masyarakat yang agamis.

“Rumah tahfiz tumbuh luar biasa jumlahnya dari 6 menjadi 156 buah, menandakan kuantitas meningkat tajam diiringi kualitas menuju masyarakat yang semakin cinta Alquran,” tuturnya.

Pemerintah daerah terus beri apresiasi bagi hafiz terbaik, sebut Irdinansyah. “Selain diikutkan studi banding Internasional, bagi hafiz reward umrah sudah menunggu, jika tahun lalu ada 6 orang, tahun ini ada tambahan 4 donatur lagi,” sampai Irdinansyah.

Tidak hanya itu, sektor-sektor ekonomi juga dibenahi. “Menurut data BPS, pertumbuhan ekonomi ada peningkatan, PDRB per kapita naik, tingkat pengangguran turun, kemiskinan juga turun, ini menandakan program di bidang pertanian, UKM dan lainnya menunjukkan hasil yang positif tetapi kita tidak boleh berpuas diri, harus terus bekerja keras,” ulasnya.

Selain itu Irdinansyah tegaskan prestasi-prestasi yang diraih bukanlah prestasi bupati dan wabup tetapi prestasi OPD bersama seluruh masyarakat Tanah Datar.

“Kita juga patut bangga Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Polres dan Kodim berprestasi di tingkat nasional dengan membawa nama baik Tanah Datar,” sampainya.

Senada dengan itu Wakil Bupati Zuldafri Darma menyampaikan kegiatan ini merupakan refleksi pembangunan yang sudah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir.

“Apa-apa yang sudah diraih harus menjadi pelecut semangat meningkatkan lebih baik lagi demi menuju Tanah Datar yang madani, sejahtera, berbudaya dalam nilai-nilai ABS-SBK,” ungkap Zuldafri.

Untuk itu, Zuldafri ajak semua pihak bekerjasama meraih cita-cita ini. Tidak cukup menjadi tugas pemerintah daerah tetapi perlu dukungan dan peranserta seluruh lapisan masyarakat, (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id