Berita
Adat Istiadat Minangkabau

Prosesi Adat Ratik Tolak Bala Berlangsung Sukses

Jumat, 25 Oktober 2013 | 17:14 WIB | Seremonial
Prosesi Adat Ratik Tolak Bala Berlangsung Sukses

Kegiatan prosesi Ratik Tolak Bala berjalan dengan kihmat di komplek Istano Basa Pagruyung.Humas TD

Ratik Tolak Bala, merupakan acara Prosesi Adat Minangkabau yang dilaksanakan dalam rangka bermohon kepada Yang Maha Kuasa agar terlepas dari berbagai bencana. Kebiasaan tersebut diselenggarakan oleh para nenek moyang Minangkabau pada masa lalu yang turun temurun tetap dilestarikan diberbagai daerah di Minangkabau.

Dalam rangka peresmian Istano Basa Pagaruyung dalam waktu dekat ini  dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan prosesi adat yang pernah dilakukan oleh para tetua masa lalu, seperti Ratik Tolak Bala, di Tanjuang Mamutuih komplek Istano Basa Pagaruyung, yang sebelumnya juga dilaksanakan ziarah kepemakaman para raja.

Acara Ratik Tolak Bala yang berlangsung, Jumat (2/10) siang, setelah sholat Jumat, pesertanya dari masyarakat setempat, para PNS dan pelajar, mengikuti rangkaian kegiatan dengan tertib.

Diawali dengan kegiatan sholat Ashar berjamaah,  ratik (zikir) dan diakhiri dengan doa meminta kepada Allah agar dihindari dari berbagai  bentuk bala '(bencana dan malapetaka).

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Marwan mengatakan bahwa, acara Ratik Tolak Bala ini merupakan kegiatan keagamaan antara lain melaksanakan shalat ashar berjamaah, zikir dan berdoa kepada Allah Swt agar terhindar dari mala petaka yang disebut bala.

Kegiatan seperti ini telah menjadi adat bagi masyarakat terutama dalam acara-acara peresmian Rumah Gadang yang seperti sekarang ini dalam rangkaian peresmian Rumah Gadang yang menjadi simbul sejarah kerajaan Pagaruyung, ungkapnya. (Humas/Veri/Heri).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id