Berita

SELURUH KEPALA OPD TANDA-TANGANI PERJANJIAN KINERJA

Senin, 18 Februari 2019 | 09:48 WIB | Lintas SKPD
SELURUH KEPALA OPD TANDA-TANGANI PERJANJIAN KINERJA

Memasuki awal tahun 2019, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah kabupaten Tanah Datar lakukan penandatanganan Perjanjian  Kinerja tahun 2019.

Penandatanganan diawali oleh Sekretaris Daerah Hardiman, diikuti pimpinan OPD se Kabupaten Tanah Datar yang disaksikan langsung Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma di gedung pertemuan Indojolito Batusangkar, Senin (18/2).   

Menurut Kepala Bagian  Organisasi Adriyanti Rustam, penandatanganan perjanjian kinerja tersebut dilakukan untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor 53 tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas laporan kinerja instansi pemerintah.

Selanjutnya, sebagai implementasi dari Peraturan Presiden RI nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, untuk itu pada hari ini perjanjian yang akan ditandatangai yaitu dokumen penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah untuk melaksanakan program dan kegiatan yang di sertai dengan indicator kinerja dan target kinerja yang akan dilaksanakan satu tahun, sehingga semua kinerja yang dilaksanakan menjadi terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ia tambahkan, dokumen yang telah ditandatangani ini akan diserahkan ke KemenPAN RB bersama dengan laporan kinerja instansi pemerintah kabupaten Tanah Datar. 


"Alhadulillah pada tahun 2018 lalu nilai Akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bernilai B, ungkapnya.

Sementara, Bupati Irdinansyah mengatakan, penandatangan kinerja tersebut bukan sekadar bersifat administrasi. Lebih dari itu, bupati meminta agar seluruh OPD lebih fokus pada kinerja dalam menjalankan seluruh program prioritas kabupaten Tanah Datar, guna mencapai tujuan pemerintah daerah yang sudah dituangkan dalam RPJMD tahun 2016-2021.

Penandatanganan perjanjian kinerja ini bukanlah hal yang baru dan telah dilakukan berulang kali, laksanakan program pembangunan dengan optimal, target kita pada tahun ini nilai akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bernilai BB, harap bupati didampingi wabup.

“Pada tahun ini saya mentargetkan 2/3 dari OPD yang ada, akuntabilitas kinerjanya harus sudah bernilai BB dan paling rendah B,” tegas bupati.

Bupati mengajak seluruh Kepala OPD untuk terus bekerja sesuai komitmen bersama dan meminimalisir kesalahan manajemen dalam melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang, sebagai bukti komitmen untuk pencapaian tujuan, visi dan misi daerah ke depannya.

Bupati juga ingatkan, kepada seluruh pimpinan OPD, Akuntabilitas tidak terbatas hanya pada pertanggungjawaban keuangan namun yang lebih penting yaitu pertangungjawaban non-keuangan, seperti kinerja yang berupa output bahkan outcome atau bonefit yang akan dicapai oleh suatu program/ kegiatan sesuai visi dan misi organisasi dan memberikan dampak serta manfaat bagi masyarakat. (Humas/eri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id