Berita

DORONG KEMAJUAN IKM DAN PARIWISATA, GEDUNG PROMOSI KERAJINAN DAERAH SEGERA..

Selasa, 19 Februari 2019 | 07:50 WIB | Seremonial
DORONG KEMAJUAN IKM DAN PARIWISATA, GEDUNG PROMOSI KERAJINAN DAERAH SEGERA DIRESMIKAN

Batusangkar, Sumatera Barat-Lantai Satu Gedung Promosi Kerajinan Daerah, selesai dibangun dan bakal segera difungsikan. Selesainya tahap awal bangunan yang direncanakan bertingkat ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung dan akan segera diisi dengan berbagai kerajinan, souvenir dan oleh-oleh khas Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Peresmian direncanakan bulan Maret mendatang. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan saat rapat persiapan peresmian, Senin (18/02) di Aula Gedung Dharma Wanita Komplek Indo Jolito Batusangkar.

"Lantai satu gedung promosi saat ini sudah bisa dipakai, dan segera akan difungsikan, untuk itu kita saat ini adakan pertemuan dengan segenap pengurus Dekranasda, untuk percepatan peresmiannya. Direncanakan pertengahan Maret ini sudah diresmikan sekaligus launchingnya. Inovasi daerah miliki gedung promosi yang representatif untuk menopang pariwisata bakal terwujud," kata Marwan.

Selain itu sebut Marwan, Dinas Koperindag juga telah melakukan pertemuan dengan IKM yang ada di Tanah Datar untuk dapat memajang produk mereka di gedung promosi tersebut. "Ini juga tujuannya agar aneka produk kerajinan, kuliner, souvenir dan oleh-oleh khas daerah kita dapat dipromosikan dengan kemasan yang lebih menarik kepada wisatawan, sementara untuk kerajinan spesifik yang diminati pengunjung atau wisatawan kita akan order langsung kepada IKM kita," sebutnya.

Sementara Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi menyebut, ke depannya juga akan dibentuk sebuah koperasi yang dapat menaungi IKM yang ada di Tanah Datar, sehingga Gedung Promosi ini dapat dikelola dengan baik dan profesional,


"Gedung ini dibangun jangan sampai jadi museum namun betul-betul bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat," ucapnya. "Peresmian direncanakan 13 Maret mendatang dan akan mengundang Ketua Dekranasda Prov. Sumbar, Bupati dan Wali Kota beserta Ketua Dekranasda se-Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Koperindag. Prov. Sumbar, Kadis Koperindag Kabuoaten dan Kota se-Prov. Sumatera Barat, ini tujuannya juga untuk mempromosikan bahwa di Tanah Datar sudah memiliki gedung promosi kerajinan daerah," tuturnya. Emi Irdinansyah juga menyebut pada saat peresmian nanti juga akan diisi dengan penampilan fashion show aneka kerajinan Tanah Datar, kesenian, dan acara menarik lainnya. Sementara untuk kelanjutan pembangunan lantai dua yang akan menopang kerajinan daerah, selaku ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda), Ia katakan akan dilanjutkan pada tahun 2019 ini, dan di lantai dua akan dibangun ruangan pertunjukan, dan pada hari-hari tertentu akan ditampilkan berbagai kesenian maupun fashion show yang akan menarik dan memanjakan pengunjung atau wisatawan yang datang ke Tanah Datar, sehingga Tanah Datar tetap menjadi daerah tujuan wisata utama di Provinsi Sumatera Barat. (Humas-Irfan F)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id