Berita
Nagari Sumanik Laksanakan Musrenbang

Wabup Zuldafri: Minimalisir Kegiatan Fisik, Imbangi Dengan Non Fisik

Selasa, 19 Februari 2019 | 08:36 WIB | Seputar Kecamatan
Wabup Zuldafri: Minimalisir Kegiatan Fisik, Imbangi Dengan Non Fisik

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) nagari di Kabupaten Tanah Datar terus bergulir, berbagai ide, gagasan dan usulan dengan skala prioritas muncul di nagari masing-masing, dari beberapa nagari masih memprioritaskan pembangunan fisik tidak terkecuali di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, katakan pembangunan fisik tetap dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, namun juga harus berimbang dengan pembangunan non fisik.

Hal tersebut disampaikan wabup,  saat menghadiri musrenbang di nagari tersebut, Selasa (19/2) di aula kantor walinagari setempat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Propinsi Sumbar Bukhari Dt. Tuo, anggota DPRD Tanah Datar Syahrial, Dedi Edmon, Pimpinan OPD, Camat Salimpaung Liza Martini dan Forkopimca, perantau, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut wabup kembali mengingatkan kepada masyarakat pembangunan jangan diidentikan dengan pembangunan fisik, akan tetapi membangun non fisik juga sangat dibutuhkan, di antaranya peningkatan sumber daya manusia, ekonomi, peningkatan pengamalan agama, adat dan budaya,  di mana belakang ini kita sangat prihatin dengan keresahan masyarakat yang belum pernah terjadi sudah terjadi seperti semakin maraknya LGBT dan perbuatan menyimpang lainnya.

Kepada masyarakat dihimbau untuk waspada dan tingkatkan Kamtibmas di masing-masing lingkungan, ada hal yang mencurigakan silahkan lapor kepada pihak berwenang yaitu kepala jorong, walinagari, bahkan pihak keamanan atau kepolisian.

Wabup juga mengingatkan kepada seluruh peserta musrenbang agar usulan yang disampaikan memang benar-benar prioritas dan jangan sampai usulan tersebut hanya berdasarkan keinginan semata sehingga tidak memiliki manfaat bagi masyarakat. 

"Dalam merencanakan pembangunan, pertimbangan efektivitas, berdayaguna dan  hasil guna, Lebih penting jangan salah sasaran," harapnya.

Sementara Ketua Tim Pembina Musrenbang kabupaten Tanah Datar Zulkifli, katakana kehadiran tim adalah untuk mendengar dan mencatat aspirasi masyarakat serta mengelompokkan usulan tersebut sesuai bidang kegiatannya dan mensinkronkannya dengan RPJMD kabupaten.

Ia tambahkan kepada wali nagari beserta perangkatnya juga diharapkan bisa memanfaatkan seluruh potensi yang ada di nagari. “Silahkan kelola dan manfaatkan dana dan potensi yang ada di nagari dengan baik untuk pembangunan yang akan berujung kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya. 

Selain itu nagari juga diharapkan bisa mencari peluang lainnya seperti dana bantuan perantau, lembaga pendidikan dan CSR untuk melakukan pembangunan, sehingga tidak hanya tergantung dengan anggaran yang ada.

Zulkifli juga menyarankan agar dana yang masuk ke nagari bisa dikelola secara baik menggunakan prinsip swakelola. Artinya nagari disarankan bisa memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada di nagari terlebih dahulu, sebelum menggunakan yang lainnya. Serta diakhir kegiatan membuat laporan secara akuntabel, transparan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Anggota DPRD Propinsi Sumbar Bukhari Dt Tuo juga sepakat dengan apa yang disampaikan wabup dan Tim. Menurutnya berbicara tentang pembangunan tentu tidak terlepas dari faktor kemauan dan semangat dari masyarakat itu sendiri, sementara pemerintah tinggal mengarahkan dan menjalankannya saja.

 “Kita sudah harus memikirkan dan berupaya bagaimana ke depan pembangunan yang kita buat bisa membawa kemajuan dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat” tambahnya.

Wali nagari Sumanik Irama Yandi menyampaikan bahwa perencanaan pembangunan nagari Sumanik pada tahun 2020 pada pembangunan fisik di antaranya ada beberapa rencana lanjutan pengecora jalan rabat beton, perbaikan saluran irigasi dan pembangunan pabrik mini pengelola kakao.

Disamping itu juga ada rencana pembangunan yang bersifat non fisik, seperti pelatihan bagi pengurus KAN, Bundo Kanduang, pengurus dasa wisma, serta pelatihan bagi guru-guru TPA dan pelatihan teknologi tepat guna bagi masyarakat. Humas/eri

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id