Berita
Layani 1.440 Jiwa,

WAMEN ESDM ARCHANDRA RESMIKAN SUMUR BOR AIR BERSIH DI SUMANIK

Sabtu, 23 Februari 2019 | 10:53 WIB | Lintas SKPD
WAMEN ESDM ARCHANDRA RESMIKAN SUMUR BOR AIR BERSIH DI SUMANIK

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arcandra Tahar, resmi membuka pemakaian sumur bor air bersih untuk warga Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (23/02) di belakang Masjid Miftahul Jannah nagari setempat.

“Ini merupakan program Kementerian ESDM ke sembilan tahun 2018 lalu yang dibangun di Sumatera Barat, Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu penerima manfaat dari program ini dengan melayani sekitar 1.440 jiwa,” ucap Arcandra Tahar dalam sambutannya.

Katanya, program ini merupakan bukti jika pemerintah memiliki program pro terhadap kesejahteraan masyarakat di bidang pengentasan daerah sulit air bersih dan di tahun 2018 lalu telah membangun sebanyak 506 unit di seluruh Indonesia, dan tahun 2019 ini juga akan dibangun 650 unit.

“Melalui program pengeboran air tanah ini, beberapa daerah khususnya di Sumbar sudah dapat menikmati air bersih sumur bor ini. Dan beberapa daerah yang mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya juga sudah teratasi oleh program ini,” katanya.

Ia mengharapkan, masyarakat Tanah Datar, khususnya Nagari Sumanik ini dapat memanfaatkan program ini. “Menjaga dan merawat agar manfaat langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Dan sebagai mitra kerja DPR RI Komisi VII juga puas dengan usulan yang mereka berikan,” tutup Arcandra.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Geologi Deputi Kementerian ESDM RI, Antonius Ratdomo Purbo katakan, di Sumatera Barat selama tahun 2018 lalu sudah dibangun sumur bor sebanyak 9 unit di 7 daerah yakni Kota Padang 2 unit, Kabupaten Agam 2 unit, dan masing-masing 1 unit di Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Sijunjung. 

Khusus untuk sumur bor air bersih yang di jorong Guguak Tinggi nagari Sumanik memiliki kapasitas 1,2 liter per detik dengan kedalaman 72 meter.

Lebih lanjut, untuk hari ini Bapak Wamen ESDM akan resmikan secara simbolis di 5 unit kecuali Kota Padang dan Kabupaten Lima Puluh Kota, yang semua itu sudah dipastikan dapat di manfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan air bersih sehari-hari.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan, program ini sangat membantu masyarakatnya dalam mengentaskan permasalahan air bersih di Sumanik, untuk itu pemerintah Tanah Datar dan masyarakat sampaikan ucapan terimakasih.

“Program pemerintah ini kita harapkan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Ini adalah bukti jika pemerintah pro kesejahteraan rakyat,” tegas Bupati.

“Dengan adanya program ini, sekitar 1.440 jiwa warga setempat dapat terlayani dalam penyediaan air bersih,” katanya.

Di sela-sela peresmian salah seorang warga setempat,  Fitri sampaikan ucapan terimakasih atas diresmikan sumur bor air bersih dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga." Tarimo kasih banyak pak Wamen, salamo ko kami warga Sumanik khususnya jorong Guguak Tinggi dan Guguak Manih sangek sulik untuk mendapekan aia barasiah dan untuak basuci di masajik iko," ucapnya yang juga jamaah masjid setempat.

Perresmian pemakaian sumur bor air bersih ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita dan membuka kran air oleh Wamen ESDM Archandra didampingi Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Sijunjung, Bupati Kabupaten Agam, Pasaman Barat, Dharmasraya.

Turut hadir Staf Ahli Kepresidenan, Deputi Kementrian ESDM, Kadis PU Sumbar, Kepala OPD terkait Tanah Datar, camat dan Forkopimca, walinagari Sumanik, perantau, tokoh masyarakat dan ratusan warga nagari Sumanik.humas/eri

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id