Berita
Peringati HPSN 2019,

TNI, Polri, ASN dan Masyarakat Tanah Datar Lakukan Aksi Pungut Sampah

Sabtu, 23 Februari 2019 | 16:29 WIB | Seremonial
TNI, Polri, ASN dan Masyarakat Tanah Datar Lakukan Aksi Pungut Sampah

Masalah sampah terutama sampah plastik, saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dunia untuk itu pemerintah selalu mengajak masyakat untuk peduli pada sampah terutama sampah plastik dan Indonesia termasuk negara yang memproduksi sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Hal itu dikatakan Asisten Sekretariat Daerah Tanah Datar Edi Susanto saat ikut gotong royong bersama jajaran TNI Koramil 02 Lima Kaum, jajaran Polsek Lima Kaum, Camat Lima Kaum dan masyarakat di sepanjang jalan yang dimulai dari tugu Adipura Simpang Tiga Manunggal menuju Kota Batusangkar, Kamis (21/02).

Edi Susanto menyebutkan dalam rangka mengatasi itu dan membudayakan masyarakat peduli akan sampah, melalui pencanangan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mengurangi sampah plastik karena sudah mengkhawatirkan dunia.

"Aksi pungut sampah yang kita laksanakan secara berjalan kaki menuju kota Batusangkar ini juga untuk mengedukasi masyarakat peduli sampah terutama sampah plastik, karena sampah plastik juga sangat berbahaya bagi masyarakat," katanya.

Aksi pungut sampah yang juga turut dilakukan jajaran Dinas Perkim LH dan petugas kebersihan ini sempat terhenti akibat kota Batusangkar diguyur hujan lebat.

Dandim 0307 Tanah Datar yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Munawar mengajak masyarakat untuk peduli sampah, terutama sampah plastik, "mari kita peduli lingkungan, dengan memungut sampah di mana saja kita berada, agar lingkungan bersih dan terjaga, selain itu sampah plastik juga sulit diurai mikroorganisme karena limbah plastik terbuat dari minyak bumi dan melalui proses kimia yang sulit dicerna," ucapnya.

Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah ini di Tanah Datar akan diadakan apel bersama Selasa depan yang dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Bukit Sangkiang Kecamatan Lima Kaum, sebelumnya juga diadakan aksi peduli sampah di Tanjung Mutiara Kecamatan Batipuh Selatan.

Kegiatan aksi peduli sampah ini juga diikuti Camat Lima Kaum Afrizal, Danramil 02 Lima Kaum dan Kapolsek Lima Kaum. (Humas-Irfan F)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id