Berita
Pencanangan WBK dan WBBM di PN Batusangkar

BUPATI IRDINANSYAH : ADA TIGA SASARAN HENDAK DICAPAI 

Rabu, 27 Februari 2019 | 12:59 WIB | Seremonial
BUPATI IRDINANSYAH : ADA TIGA SASARAN HENDAK DICAPAI 

Zona integritas merupakan predikat bagi instansi pemerintah dimana pimpinan bersama jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi yang diatur dalam Peraturan Menpan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas. 


Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pengadilan Negeri Batusangkar Kelas II, Rabu (27/2/2019) di ruang sidang kartika kantor Pengadilan setempat di Pagaruyung. 

Bupati Irdinansyah mengatakan, dalam mencapai zona integritas dan melaksanakan WBK dan WBBM, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka mewujudkan terciptanya good governance dan clean goverment ada beberapa sasaran yang hendak dicapai. 

“Ada tiga sasaran yang hendak dicapai melalui pencanangan zona integritas yaitu, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN dan peningkatan pelayanan publik,” kata Irdinansyah. 

Sebenarnya, tambah Irdinansyah, tahun 2013 lalu Tanah Datar juga telah mencanangkan pembangunan zona integritas dan Perangkat Daerah sebagai sampel adalah RSUD M.A Hanafiah dan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 

“Dalam tata kelola pemerintahan telah dilakukan berbagai langkah reformasi birokrasi sehingga diperoleh capaian kinerja dan prestasi, diantaranya mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK selama 6 tahun berturut-turut. Untuk Akuntabilitas kinerja dari hasil evaluasi Kemenpan RB RI mampu memperoleh nilai 62,94 dengan predikat B,” ungkapnya. 

Diakhir penyampaiannya Bupati Irdinansyah berharap kepada seluruh aparatur dari aparatur pelaksana sampai pimpinan Satker atau unit agar bersama membangun integritas dilingkungan masing-masing agar terbebas dari KKN. “Pemkab Tanah Datar sangat mendukung kegiatan ini, semoga Pengadilan Negeri Batusangkar mampu berprestasi dalam mencapai WBK dan WBBM dari peroleh penghargaan dari Kemenpan RB RI seperti yang telah diperoleh Kejari dan Polres Tanah Datar,” tukasnya. 

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar Tiwik mengatakan, pencanangan zona integritas sebagai wujud pelaksanaan dari surat edaran Dirjen Badan Peradilan Umum Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pembangunan Zona Integritas. 

“Sebenarnya PN Batusangkar sudah mencanangkan kegiatan yang sama tahun 2017 lalu, namun karena belum sempurna dan butuh penambahan serta harus disesuaikan surat edaran Dirjen tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas, maka hari ini kita lakukan lagi pencanangan ini,” sampai Tiwik. 

Tiwik berharap, dengan pencanangan zona integritas ini diharapkan terwujud Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi di PN Batusangkar. 

“Untuk bisa mewujudkan itu semua, PN Batusangkar butuh dukungan dan kerjasama semua pihak, baik pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus mengawasi pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga bisa terhindar dari praktek KKN,” pungkasnya. 

Di kesempatan itu dilakukan ikrar seluruh jajaran PN Batusangkar serta penandatanganan piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Ketua PN Batusangkar dan menjadi saksi Bupati Tanah Datar, Kajari Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, Dandim 0307, Ketua DPRD, Kepala Pengadilan Agama, MUI, LKAAM, Advokad, Inspektur Daerah, Kadis Kominfo. (Humas/dvd) 
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id