Berita
Ciptakan Pemilu Damai,

PEMKAB TANAH DATAR, BERSAMA FORKOPIMDA SIAP UNTUK BERSINERGI

Sabtu, 02 Maret 2019 | 09:33 WIB | Seremonial
PEMKAB TANAH DATAR, TNI DAN POLRI SIAP UNTUK BERSINERGI

Dalam rangka memantapkan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Direktorat Kewaspadaan Nasional, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Bertempat di Gedung Pertemuan Golden View Hotel Bengkong Laut Batam, Kamis (28/02) seluruh Kepala Daerah, Forkopimda dan Instansi terkait mulai dari Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Forkopimda mendapatkan berbagai materi seputar Keamanan Pemilu dari pemateri seperti TNI, Polri, Banwaslu dan lainnya yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi Forkopimda dan Kesbangpol sebagai salah satu peserta menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat yang telah menggelar Rakornas dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan upaya menciptakan Pemilu damai tahun 2019.

"Kita mendukung upaya Pemerintah Pusat, dan bertekad menciptakan pemilu damai di Tanah Datar dan untuk itu kita akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Forkopimda. Pilihan boleh beda namun tujuan utama menciptakan pemilu damai, dan mendukung siapapun yang terpilih nanti adalah yang menjadi harapan kita bersama," ucapnya.

Kegiatan rakornas yang berlangsung satu hari tersebut menitikberatkan pada peningkatan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi pemilu 17 April mendatang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang akan menimbulkan perpecahan serta berita hoax.

 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di hadapan 2.000 lebih peserta Rakornas ini mengatakan, "berbicara tentang kewaspadaan menghadapi pemilu, tanpa kita rakornaspun saya rasa seluruh peserta yang hadir akan mendukung suksesnya pemilu, melakukan deteksi dini dalam konteks kewaspadaan," ucapnya.

Kepada Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Ia minta untuk mempercayakan itu kepada TNI dan Polri, karena ini sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang tugas-tugas pengamanan pemilu dan juga TNI-Polri harus berkoordinasi penuh dengan Panwas di daerah.

"Ini penting karena TNI dan Polri punya kekuatan yang lengkap dari segi apapun, untuk itu kepala daerah manfaatkanlah, seperti penguasaan teritorial, intelijen, operasionlanya, pengalaman sospolnya dari jaman dahulu hingga saat ini dijabarkan dengan sinergi TNI-Polri," ulas Tjahjo.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam-RI) Wiranto menyebut, tema yang diangkat dalam rakornas tersebut bagus, "Pilihan Boleh Beda, Persatuan dan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga," ucapnya.

"Kenapa kita harus rakornas?, sementara petunjuk Presiden sudah jelas, Undang-Undang Pemilu sudah jelas, tugas dan kewajiban KPU, Banwaslu sudah jelas. Jawabannya sederhana, kita bukan berdiri sendiri, pekerjaan juga tidak terpisah, tugas secara bersama yang mengerucut sampai keberhasilan Pemilu tahun 2019 ini," katanya.

Pada saat rakornas yang dibukanya secara resmi ini, dia juga mengatakan, "Pemilu itu penting, makanya pilihannya beda, namun bukan berarti niat berbeda pula, berbeda karena adanya aturan institusi, berbeda yang sifatnya sementara, bukan hakiki. Kita ada sumpah pemuda, bhinneka tunggal ika, berbeda namun tetap satu. Perbedaan ini tidak boleh mengimbas pada Persatuan dan Kesatuan RI," ucap Wiranto. (Humas-Irfan)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id