Berita
Matangkan Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019

WABUP ZULDAFRI DARMA BUKA RAKOR

Selasa, 05 Maret 2019 | 12:27 WIB | Lintas SKPD
WABUP ZULDAFRI DARMA BUKA RAKOR

Dalam rangka persiapan menyambut Pemilu Serentak Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dan TNI/Polri, yang dibuka oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Selasa (3/5) di Ballroom Hotel Emersia Batusangkar.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dan Forkopimda, Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi, Ketua Pengawas Pemilu, Komisioner KPU,  Pimpinan OPD terkait, Kapolsek, Camat dan Walinagari se Tanah Datar.

Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi  mengatakan, rapat koordinasi tersebut untuk memaparkan semua tahapan dan persiapan pemilu tinggal 44 hari lagi."Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan koordinasi dan semua tahapan dan persiapan pemilu,” ucapnya.

Untuk wilayah kabupaten Tanah Datar terdapat 4 Daerah Pemilihan (Dapil) dengan 35 kursi yaitu Dapil 1 (Kecamatan Tanjung Emas, Padang Ganting, Lintau Buo dan Lintau Buo Utara)  118 orang Daftar Calon Tetap (DCT) untuk 9 kursi, Dapil 2 (Lima Kaum, Rambatan dan Batipuh Selatan) 98 orang DCT untuk 8 kursi, Dapil 3 (X Koto, Batipuh dan Pariangan) 111 orang DCT untuk 9 kursi dan Dapil 4 (Tanjung Baru, Sungayang, Salimpaung dan Sungai Tarab) 112 orang DCT untuk 9 kursi, yang saat ini masih dengan tahapan kampanye sampai tanggal 14 April mendatang,” ungkapnya.

Lanjut Rozi, KPU membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah mulai dari tingkat jorong, nagari, kecamatan dan kabupaten  untuk mendukung kegiatan-kegaitan yang sangat diperlukan oleh KPU seperti kegiatan sosialisasi, dukungan atas logistik dan terkait dengan pengamanan di luar TPS.

“Khusus untuk kegiatan pendistribusian logistik, kami akan melakukan koordinasi lebih intensif dengan TNI dan Polri mulai dari KPU, gudang sampai ke TPS," ujar Rozi.

Sementara Wabup  Zuldafri Darma sampaikan, rakor dilaksanakan saat ini merupakan menyatukan tekad untuk mengamankan dan mensukseskan pemilu serentak 2019 mendatang. Oleh karena itu memerlukan kerjasama dengan semua stekorder yang mulai dari jorong sampai ke kabupaten yang akan nantinya bisa meminimalisir dari semua hal yang tidak diingini, ucapnya.

Kepada jajaran pemerintahan mulai dari jorong sampai ke kabupaten dan seluruh ASN, Wabup Zuldafri harapkan, untuk  bersama-sama memberikan pencerahan dan penjelasan kepada masyarakat terkait sistem pemilihan dengan multi partai yang akan membuat bimbang pemilih dengan tujuan  agar tidak terjadi gesekan antar masyarakat.

Wabup contohkan, dalam satu jorong terdapat lebih dari 1 orang DCT, itu akan menimbulkan gesekan antar masyarakat.  “Untuk itu mari kita cerdaskan masyarakat untuk menggunakan hak pilih tanpa terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, juga mengharapkan kepada masyarakat untuk cerdas menggunakan hak pilih dan mari sukseskan pemilihan calon Legislatif DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD sekaligus Presiden dan Wakil Presiden.

Kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Anton juga sampaikan dukungan atas penertiban alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan KPU.

Terkait pengamanan, Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas katakan, Polres Tanah Datar untuk pengamanan pemilu akan melibatkan seluruh personil mulai dari jajaran Polsek, Polres dan mendatangkan personil Brimob dari Polda Sumbar. (Humas-Heri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id