Berita
Kendalikan DBD dengan PSN 3M Plus

BUPATI IRDINANSYAH HIMBAU MASYARAKAT TETAP WASPADAI DEMAM BERDARAH

Rabu, 06 Maret 2019 | 03:39 WIB | Umum
BUPATI IRDINANSYAH HIMBAU MASYARAKAT TETAP WASPADAI DEMAM BERDARAH

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit ini berkembang lewat perantara nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue (demam berdarah). 

Menanggapi fenomena perubahan cuaca di Tanah Datar yang cenderung penghujan, Bupati Irdinansyah Tarmizi melalui surat edarannya Nomor 443/176/Dinkes/II/2019 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyakit Demam Berdarah (DBD) yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda, Rabu (6/3/2019) di ruang kerjanya menghimbau agar melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Pemerintah daerah menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan PSN di lingkungan kantor dan tempat tinggal masing-masing,” sampai Syahril. 

Karena nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak di air yang tergenang, tambah Syahril, perlu dilakukan tindakan 3 M Plus. “Tindakan 3 M Plus yang perlu dilakukan adalah Menguras, Menutup Rapat, Mengubur, dan menghilangkan semua potensi genangan ataupun tempat penampungan air di lingkungan masing-masing,” tambah Syahril 

Sementara itu 3 M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, mengatur ventilasi dan cahaya dalam rumah, mengurangi kebiasaan menggantung pakaian terlalu lama dan lainnya. 

“Bila ada keluarga ataupun masyarakat yang mengalami demam tinggi, segera lakukan pemeriksaan ke petugas kesehatan, Puskesmas atau Rumah Sakit,” pungkas Syahril. (Humas-wn/dvd)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id