Berita
Musrenbang Kecamatan Lintau Buo

WABUP ZULDAFRI HARAPKAN APARATUR JADI LAMPU PENERANG

Rabu, 06 Maret 2019 | 12:40 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI HARAPKAN APARATUR JADI LAMPU PENERANG

Musrenbang merupakan salah satu tahapan melakukan perencanaan pembangunan, selain itu musrenbang juga sebagai sarana dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah dengan visi misi dan RPJMD sebagai pedomannya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Lintau Buo di gedung pertemuan setempat, Rabu (6/03).

Menurutnya, RPJMD adalah sebuah janji yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Untuk itu semua perencanaan pembangunan harus berkorelasi dengan RPJMD Tanah Datar, sehingga apa yang dihasilkan dari pembangunan tersebut berbanding lurus dengan yang sudah dirumuskan dalam RPJMD tersebut.

Ditambahkannya, bahwa pembangunan di Tanah Datar juga harus merujuk pada 4 (empat) bidang gerakan terpadu unggulan pembangunan Kabupaten Tanah Datar yang tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah. Di antaranya peningkatan kualitas SDM dan pendidikan, peningkatan bidang pertanian, peningkatan bidang pariwisata dan peningkatan pelayanan publik.

Wabup juga sempat mengingatkan bahwa di tahun politik ini, camat beserta jajarannya harus bisa menjadi lampu penerang di tengah kehidupan masyarakat. Artinya menurut wabup, kita sebagai aparatur harus bisa mencerdaskan masyarakat bahwa perbedaan dalam pilihan dan pendapat jangan dijadikan sebagai alasan untuk menimbulkan perpecahan apalagi sampai terjadi bentrokan antar warga, namun jadikanlah perbedaan pilihan dan pendapat itu sebagai alat untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan.

Sementara Camat Lintau Buo Zulkifli Idris, dalam eksposnya menyampaikan bahwa kecamatan Lintau Buo pada tahun 2020 nanti perencanaannya masih terfokus pada pembangunan fisik di samping juga pemberdayaan masyarakat dan sosial budaya.

Diterangkannya, diusulkan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar kantor Camat Lintau Buo, serta pembangunan jalan dan jembatan. Dari usulan tersebut kalau terealisasi maka akan menyerap anggaran sebesar kurang lebih Rp.12 Milyar..

Sementara 3 (tiga) orang anggota DPRD Tanah Datar yang juga hadir di antaranya Asrul Jusan, Istiqlal dan Jonnedi sepakat untuk mengawal usulan yang diajukan oleh kecamatan Lintau Buo.

Di kesempatan itu Asrul juga menyinggung permasalahan pembebasan lahan proyek irigasi Batang Sinamar yang sampai saat ini belum selesai karena masalah kesepakatan harga dengan masyarakat. Sementara menurut Asrul, pada tahun ini akan berakhir pembangunannya. “Kita akan tunggu kebijakannya dari pemerintah pusat, apakah ini lanjut atau tidak,” kata Asrul.

Pada musrenbang kecamatan Lintau Buo juga dihadiri oleh Ketua Tim I Pembina Musrenbang dari kabupaten Nuryeddisman beserta anggota, Ketua GOW kabupaten Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri, Forkompimca Lintau Buo,  dan unsur masyarakat lainnya. (Humas-Hadi)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id