Berita
Pembukaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Nagari

WABUP ZULDAFRI : ANTAR NAGARI PERLU JALIN KERJASAMA

Jumat, 08 Maret 2019 | 03:53 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI : ANTAR NAGARI PERLU JALIN KERJASAMA

Untuk meningkatkan peran, kinerja, pemahaman serta menambah pengetahuan bagi wali nagari dan perangkatnya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, kewilayahan dan kesiapan penanggulangan bencana, pemerintah provinsi Sumatera Barat melalui dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perangkat Nagari Bagi Wali Nagari Dan Perangkat Nagari Se-Kabupaten Tanah Datar. Pelaksanaan bimtek ini dilaksanakan dalam tiga angkatan mulai tanggal 3 s/d 9 Maret 2019 di grand hotel Rocky kota Bukittinggi.

Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya saat membuka acara pembukaan bimtek angkatan III pada Kamis malam (7/3) yang diikuti oleh 135 peserta yang terdiri dari wali nagari, perangkat nagari dan kepala jorong menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek ini nantinya diharapkan mampu menjadikan para wali nagari beserta perangkatnya memahami tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintahan yang mendapatkan amanah serta tanggungjawab terhadap masyarakat.

Untuk itu wali nagari harus bisa membuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penggunaan anggaran dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara administasri dan hukum, serta mampu meningkatkan peranserta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Lebih lanjut wabup menjelaskan, bahwa pada masa ini aparatur dituntut terus berkembang dan berinovasi dalam memetakan dan mamanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan yang baru bagi masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut maka para wali nagari beserta perangkatnya yang merupakan jajaran pemerintahan yang terdekat dengan masyarakat harus mampu menginventarisir segala tantangan ini dan mendiskusikannya dengan semua tokoh masyarakat sehingga tantangan ini bisa kita jawab.

Selain itu, kerjasama antar nagari yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar juga harus terjalin dengan baik, sehingga kita dengan mudah bisa saling berbagi informasi. Tidak itu saja, wabup juga mengharapkan masing-masing nagari juga harus memiliki produk unggulan khas yang nantinya menjadi ikon nagari tersebut.

Permasalahan yang sangat nyata di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita saat ini adalah kemajuan teknologi yang semakin canggih, kehadiran berbagai teknologi dan media sosial seperti facebook, twiter, whatsapp dan yang lainnya dampaknya sungguh sangat luar biasa bagi kehidupan.

“Saat ini masyarakat kita tidak lagi terlalu memikirkan hubungan silaturahmi antar sesama, karena hanya menggunakan teknologi yang bernama handphone dan internet mereka sudah bisa berkomunikasi dan terhubung dengan dunia luar tanpa harus bertatap muka, sehingga tali silaturahmi antar sesama sudah semakin jarang terjadi,” terangnya.

Dampak kemajuan teknologi seperti ini tentu sangat menghawatirkan, ungkap Zuldafri. Untuk itu para wali nagari diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat kebersamaan dan kekeluargaan di kehidupan masyarakat dengan kembali menggerakkan masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti kegiatan gotong royong masyarakat. “Jadwalkan secara rutin gotong royong di tingkat jorong ataupun nagari sehingga bisa membangkitkan kembali rasa kekeluargaan, kebersamaan dan persatuan antar sesama warga, karena dengan bertatap muka dan berbicara secara langsung yang merupakan kebiasaan kita selama ini akan bisa meningkatkan tali silaturahmi,” pungkasnya. (Humas-HP/Wn)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id