Berita

BUPATI IRDINANSYAH BUKA MWC VII TANAH DATAR

Sabtu, 09 Maret 2019 | 17:57 WIB | Seremonial
BUPATI IRDINANSYAH BUKA MWC VII TANAH DATAR

Bupati Tanah Datar Irdinansyah  Tarmizi membuka secara langsung kegiatan Media guru Writing Camp (MWC) ke VII di hotel Pusako Bukitinggi, Jum'at (8/3).

MWC adalah kegiatan pelatihan menulis yang diadakan oleh Media Guru Indonesia di Sumatera Barat,  yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Penulis Penggerak Literasi (IGPPL) Tanah Datar.

Turut hadir pada acara tersebut Kepada Dinas Pendidikan dan Budaya Riswandi, Kepada Bagian Humas dan Protokol Syahril, Ketua PGRI Tanah Datar Inhendri Abas.

Bupati Irdinansyah dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada IGPPL yang telah melaksanakan kegiatan  MWC yang mengikutkan dari siswa, guru dan pengawas yang nantinya menjadi literasi di dunia pendidikan.

"Para peserta camp ini akan berperan penting untuk menyebarkan virus positif dalam menumbuhkembangkan kebiasaan membaca," ucapnya.

Bupati juga sampaikan, dengan menulis kita bisa dikenal dunia dan bisa membangun bangsa melalui kata-kata yang dituangkan melalui goresan tinta.

Berdasarkan hasil survei UNESCO terhadap minat baca di Indonesia, terang Bupati, hanya 0,001%. “ Ini sangat memprihatinkan, tak bisa kita pungkiri, seiring perkembangan zaman bangsa dituntut lebih produktif dan menjadi bangsa yang melek literasi. Tetapi fakta memaksa kita menerima kenyataan bahwa perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang positif,” ungkap Irdinansyah.

Saat ini budaya generasi muda menulis chatting yang hampir tidak ada gunanya, dan budaya membaca status di media sosial. “Untuk itu manfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas intelektual dalam membangun peradaban bangsa, salah satu cara dengan menulis sebuah karya yang bisa dikirim ke media massa seperti buku yang bisa diterbitkan dan bisa dibaca oleh masyarakat,” ajak bupati.

Kepada peserta bupati harapkan ikuti kegiatan ini dengan baik dan terus berkarya untuk menumbuhkembangkan literasi yang pada akhirnya menjadi budaya bangsa Indonesia.

Sementara, Ketua Pelaksana Yenni  sampaikan kegiatan MWC akan berlangsung dari tanggal 8-10 Maret 2019 mendatang, bertindak sebagai keynot speaker yaitu  Kepada Dinas Pendidikan dan Budaya Riswandi dan Ketua PGRI Tanah Datar Inhendri Abas. Sebagai Narasumbernya yaitu Muhammad Ihsan CEO Media Guru Indonesia, Eko Prasetyo Pimred Media Guru.

Sementara pesertanya sebanyak 146 orang yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dari 5 kabupaten kota di Sumbar yaitu kabupaten Tanah Datar, Pesisir Selatan, Kota Padang, Pariaman dan Bukittinggi serta peserta yang sangat istimewa yakni dari negara tetangga Johor Malaysia.

Yenni katakan, Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang literasi, khususnya menulis buku untuk melahirkan karya inovasi yang nantinya bisa diaplikasikan di sekolah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Bupati Irdinansyah juga lakukan pengukuhan pengurus IGPPL Tanah Datar periode 2018-2020 dengan Ketua terpilih Yuyu Muliyadi bersama 27 orang anggota. (Humas-Heri/Rhn)

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id