Berita

Prosesi Adat Menaiki Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung

Selasa, 29 Oktober 2013 | 08:53 WIB | Seremonial
Prosesi Menaiki Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung Bejalan Dengan Lancar

Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim Dt. Sinaro Basa,Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe dan Pewaris Kerajaan Pagaruyung, M.Taufik Thaib khitmad pada saat prosesi adat menaiki rumah gadang.Humas Setda

Prosesi adat menaiki Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung selesai dilakukan, Minggu (27/10) kemaren dengan baik dan lancar, masyarakat Nagari Pagaruyung baralek gadang yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim Dt. Sinaro Basa.

Dengan selesainya rangkaian kegiatan prosesi adat yang menjadi acara inti dalam peresmian Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung ini maka, Bangunan yang menjadi sejarah bagi masyarakat Minangkabau ini sudah bisa dikunjungi oleh umum.

Dalam rangkaian acara alek anak nagari Menaiki Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung, rumah gadang yang menjadi kebanggaan masyarakat Minangkabau itu, selain dihadiri Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe,  Pewaris Kerajaan Pagaruyung, M.Taufik Thaib beserta para niniak mamak, Bundo Kanduang se Tanah Datar juga dilansungkan pelantikan pengurus LKAAM dan Bundo Kanduang Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar, M. Shadiq Pasadigoe mengatakan berkat bantuan dari berbagai pihak tersebut termasuk pemerintah Pusat,  Propinsi dan Kabupaten Tanah Datar, kini Istano ini sudah berdiri kembali dan dapat dikunjungi oleh semua yang ingin berwisata, melakukan kajian adat dan sebagainya.

Bupati Shadiq pada acara tersebut mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan hingga pembangunan kembali Istano Basa Pagaruyung Milik Orang Minangkabau ini sekarang sudah berdiri.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim Dt. Sinaro Basa selaku ketua Pembangunan Istano Basa Pagaruyung  mengatakan, pembangunan kembali Istano Basa Pagaruyung ini sudah dilengkapi dengan alat antisipasi yang akan menimbulkan terjadinya kebakaran.

Wagub menyampaikan ungkapan terima kasih dari Pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat kepada  semua pihak yang telah memberikan sumbangan baik yang dari dalam maupun luar negeri sehingga Rumah Gadang kebanggaan masyarakat Minagkabau ini sudah berdiri kembali.

Dengan harapan bangunan Istano Basa Pagaruyung ini  lebih bermanfaat  dalam pelestarian adat Minangkabau serta sebagai objek Wisata sejarah.Humas Setda/Ydv/Heri

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id