Berita
Revitalisasi Desa Adat Kinawai Nagari Balimbing

WABUP ZULDAFRI HARAP REVITALISASI BANGKITKAN MINAT GENERASI MUDA BELAJAR ADAT

Sabtu, 16 Maret 2019 | 15:35 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI HARAP REVITALISASI BANGKITKAN MINAT GENERASI MUDA BELAJAR ADAT

Perkembangan zaman tidak hanya memberikan dampak positif pada kehidupan, namun juga memberi dampak negatif, salah satunya terhadap tatanan adat masyarakat kita. Karenanya, rumah gadang yang merupakan tempat bermufakat dan menjadi kebanggaan suatu kaum mempunyai peranan penting saat ini. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dihadapan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar Suarman, Pembina desa adat Kinawai Irwandi, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri, Camat Rambatan Dedi Triwidono, Wali Nagari, Ketua KAN, tokoh masyarakat, niniak mamak dan Bundo Kanduang Nagari Balimbing dalam acara Revitalisasi Desa Adat Kinawai Nagari Balimbing, Sabtu (16/3/2019) di halaman Rumah Gadang Dt. Majolelo.

"Terima kasih kepada BPNB dan pihak lainnya yang telah berusaha keras mewujudkan revitalisasi rumah gadang di Nagari Balimbing ini, semoga mampu meningkatkan motivasi ninik mamak kita untuk membimbing anak kemenakannya untuk lebih tertarik mendalami adat nagari kita Minangkabau ini," tambah Zuldafri. 

Karena, dengan pendalaman adat disamping peningkatan pemahaman Agama Islam, ungkap Wabup, bisa menciptakan generasi muda yang handal, santun dan berbudi pekerti yang baik. 

"Nilai luhur Minangkabau berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK) yang telah diwariskan leluhur kita akan bisa dilestarikan, salah satunya diawali dari rumah gadang kebanggaan masing-masing kaum dengan menularkan nilai-nilai luhur budaya dan adat kepada generasi muda kita," ujar Wabup. 

Kemudian Wabup Zuldafri di akhir penyampaiannya berharap kepada seluruh masyarakat nagari Balimbing dan ninik mamak untuk memanfaatkan yang telah direvitalisasi sebaik mungkin sesuai kegunaannya. "Begitu istimewanya Nagari Balimbing, karena ada 10 rumah adat yang direvitalisasi tahun 2018, sehingga sudah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama terutama bagi kaum masing-masing. Namun tentu diharapkan kepada kita semua untuk meletakan kepentingan nagari di atas kepentingan pribadi, kelompok ataupun kaum, sehingga bisa tercipta masyarakat yang lebih sejahtera," tukas Wabup.

Selepas itu Kepala BPNB Sumbar Suarman menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras panitia dan dukungan semua pihak dan juga pemerintah Kabupaten Tanah Datar sehingga kegiatan Revitalisasi dapat dilaksanakan dengan baik.

"Kegiatan revitalisasi yang didapat nagari Balimbing memang atas usaha dan kerja keras kita semua dengan melewati berbagai penilaian yang dilakukan tim penilai kita, bukan karena hal lainnya," sampai Suarman.

Karena, kata Suarman, kami melihat dan menilai, rumah gadang bukan hanya sebagai tempat bermusyawarah mufakat saja, namun bisa lebih dari itu. "Dari rumah gadang para ninik mamak menurunkan ilmu adat dan bundo kanduang mengajarkan kepandaian memasak, merangkai bunga atau menjahit kepada generasi muda kaumnya, sehingga akan tercipta generasi penerus yang handal dan berdaya guna," sampainya. 

Sementara itu Ketua Pelaksana Revitalisasi Desa Adat Balimbing Yudia Antoni menyampaikan pelaksanaan kegiatan revitalisasi terhadap 10 rumah gadang dilaksanakan pada tahun 2018. "Revitalisasi dengan dua macam pembangunan, dimana bangun baru 3 rumah gadang dan 7 rumah gadang lagi bangun rehab yang total biayanya sekitar Rp.392 juta," sampai Yudia. 

Yudia Antoni menambahkan keberhasilan revitalisasi atas dukungan semua pihak dan berkat keinginan ninik mamak untuk bisa memiliki rumah gadang yang nyaman dan representatif dalam mendukung kegiatan kaumnya masing-masing. "10 rumah gadang yang direvitalisasi ada rumah gadang Dt. Tan Majolelo, Dt. Maharajo Kayo, Dt. Tanaro, Dt. Rajo Panghulu, Dt. Pulau Maharajo, Dt. Gadang, Dt. Peto Majolelo, Dt. Cumano, Dt. Mangkudun dan Dt. Garang," pungkas Yudia. 

Kegiatan dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian, pemotongan pita dan makan bersama di rumah gadang Dt. Majolelo. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id