Berita
Buka Forum Perangkat Daerah Tahun 2019

WABUP ZULDAFRI : PENYUSUNAN PROGRAM/KEGIATAN HARUS "SMART"

Senin, 18 Maret 2019 | 13:52 WIB | Lintas SKPD
WABUP ZULDAFRI : PENYUSUNAN PROGRAM/KEGIATAN HARUS "SMART"

Dalam menyusun perencanaan pembangunan terdapat mekanisme dan prosedur yang harus dilalui dan forum hari ini merupakan salah satu rangkaian proses perencanaan pembangunan setelah Musrenbang Nagari dan Musrenbang Kecamatan yang baru dilaksanakan. 

Ini disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma saat membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Datar 2019 di aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Senin (18/3/2019) yang dihadiri Pj. Sekda Helfy Rahmy Harun, para Asisten, kepala OPD, penjabat serta Camat se Kabupaten Tanah Datar. 

Wabup mengungkapkan, forum ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab seluruh jajaran Pemerintah Daerah terhadap keberlangsungan dan keberlanjutan proses pembangunan di Tanah Datar. “OPD diharapkan menyusun perencanaan disesuaikan dengan Visi dan Misi Daerah 2016-2021 dibawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wabup Zuldafri Darma sehingga apa yang telah dicanangkan untuk kesejahteraan masyarakat bisa dicapai sampai akhir masa jabatan,” ungkapnya. 

Dan tentunya, tambah Wabup Zuldafri, penyusunan perencanaan harus berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 dan Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang Prosedur Perencanaan Partisipatif. 

“Berdasarkan hasil yang dicapai 2018 dan mempertimbangkan pelaksanaan pembangunan 2019, serta target yang ingin dicapai dalam RKPD 2020, maka tema pembangunan 2020 adalah “peningkatan perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, peningkatan daya saing dan pertanian berlandaskan ABS-SBK,” sampai Wabup. 

Wabup Zuldafri menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian untuk mendukung pencapaian sesuai tema , yakni penyusunan harus disesuaikan visi dan misi, melaksanakan skala prioritas, perhatikan sinergisitas program dan kegiatan sehingga mampu hasilkan perencanaan yang holistik dan terintegrasi serta tidak tumpang tindih. 

“Penyusunan program kegiatan harus SMART, (Specific, Measurable/terukur, Achievable/terjangkau, Realistic/realistis dan Time Bound/masa waktu) sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja. Karena itu ikuti kegiatan ini dengan baik dengan memberikan sumbangan pemikiran, solusi atau jawaban terhadap kekurangan dan permasalahan secara umum di Tanah Datar,” tukas Zuldafri. 

Sementara itu, di kesempatan sebelumnya Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah selaku panitia pelaksana menyampaikan, forum perangkat daerah tahun 2019 bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten dengan hasil Musrenbang Kecamatan untuk menjadi Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah. 

“Selama 2 hari kegiatan forum ini, kita pertajam indikator serta kinerja perangkat daerah sesuai tupoksi serta menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan daerah,” kata Alfian. 

Alfian menambahkan, Forum Perangkat Daerah secara umum dibagi ke dalam sidang kelompok yang dilaksanakan dalam bentuk paparan dan diskusi. “Forum terbagi empat kelompok, yakni kelompok bidang ekonomi, bidang sosial budaya A, bidang sosial budaya B dan kelompok bidang fisik dan prasarana selama dua hari pelaksanaan,” pungkasnya. (Humas/dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id