Berita

WABUP ZULDAFRI : JADIKAN PACU JAWI TRADISI YANG TETAP DIKENAL DUNIA

Sabtu, 23 Maret 2019 | 15:37 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI : JADIKAN PACU JAWI TRADISI YANG TETAP DIKENAL DUNIA

Pacu Jawi merupakan Alek Anak Nagari Kabupaten Tanah Datar yang dilaksanakan usai panen padi sebagai ungkapan rasa syukur dan suka cita. Alek pacu jawi digelar di empat kecamatan yakni kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab.

Pelaksanaan tradisi ini sudah mendunia, dikenal hingga ke mancanegara. Sebagai bukti, tidak hanya disaksikan masyarakat setempat tetapi sudah dilirik wisatawan nusantara dan mancanegara sebagai destinasi yang dikunjungi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma pada penutupan  Alek Pacu Jawi di Sawah Payo  Nagari Parambahan, Lima Kaum, Sabtu (23/3).

"Pacu jawi adalah iven anak nagari kita dan saat ini sudah mendunia, ini terbukti dengan banyaknya para pencinta fotography dalam dan luar negeri yang datang untuk mengabadikan momen-momen menarik dalam balapan sapi di atas lumpur sawah tersebut, jadi mari kita dukung bersama-sama", katanya.

Pada kesempatan tersebut wabup juga sampaikan  nilai luhur juga terkandung  di dalamnya selain meningkatkan silaturahim juga mengenalkan adat dan budaya sebagai contoh membawa makanan dengan talam/ jamba.

“Iven ini sangat bermanfaat selain harga sapi-sapi ini naik hingga mencapai Rp.50 juta per ekor juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya, karena banyaknya masyarakat yang berjualan aneka makanan, minuman dan lainnya,” ucapnya. 

Selain itu Zuldafri juga ucapkan selamat datang kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang telah mengagendakan untuk menyaksikan alek pacu jawi. 

Sebelumnya Walinagari Parambahan  menyampaikan  ucapan terimakasih kepada  panitia dan masyarakat yang sudah menyukseskan kegiatan pacu jawi selama satu bulan ini. 

Ia berharap kegiatan ini ke depan akan terus berlanjut sebagai tradisi  yang telah turun temurun dari dulunya. 

Alek anak nagari pacu jawi yang dilaksanakan mulai tanggal 2, 9, 16, 23 Maret ini keluar sebagai pemenang pertama sapi bernama Epy Tanah,  kedua Tando Silabuak, ketiga Mambo dan Gadiang. 

Kepada pemilik sapi, wabup Zuldafri langsung serahkan  hadiah berupa bingkisan yang sudah disediakan panitia, didampingi Kabid Olahraga Dinas Parpora H. Jemmy, Wali Nagari Parambahan, fotografer mancanegara dan ratusan masyarakat pecinta pacu jawi. Humas.eri/adi

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id