Berita
Lestarikan Nilai Agama dan Budaya Minangkabau

BUPATI IRDINANSYAH LAKSANAKAN TASYAKURAN AQIQAH DAN TURUN MANDI

Sabtu, 30 Maret 2019 | 17:16 WIB | Seremonial
BUPATI IRDINANSYAH LAKSANAKAN TASYAKURAN AQIQAH DAN TURUN MANDI

Aqiqah dan Turun Mandi merupakan dua acara sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas diberi karunia anak sebagai titipan-Nya.

"Ini wujud rasa syukur keluarga besar kami atas karunia dengan lahirnya dua anak dari dua anak dan dua  menantu kami, ada yang laki dan perempuan, jadi kita adakan syukuran bagi kedua cucu kami tersebut dan sekaligus mencoba melestarikan adat budaya Minangkabau, bahwa juga sebagai perwujduan  nilai Adat Basandi Syara' Basandi Kitabullah," ungkap Bupati Irdinansyah usai acara tasyakuran dan turun mandi Kinaya dan Ghavino di Indo Jolito, Sabtu (30/03/2019).

Lebih lanjut Irdinansyah sampaikan, "secara syara'nya aqiqah kita laksanakan, secara adatnya turun mandi sebagai wujud syukur kepada Allah SWT," jelasnya lagi.

Dalam tradisi turun mandi, bupati jelaskan bermakna anak yang baru lahir diajarkan terbiasa dengan alam.

Dalam kesempatan itu bupati juga mengajak masyarakat melestarikan tradisi turun mandi. "Kita melaksanakan kegiatan ini, bukan seremonial semata, tetapi ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa kita dalam rangka melestarikan budaya, apalagi Tanah Datar Luak Nan Tuo sebagai pusek jalo pumpunan ikan" ungkapnya lagi.

Lebih jauh bupati katakan tradisi ini dalam rangka menjalin silaturahmi antara anak, bako, cucu dan karib kerabat, serta masyarakat, selain itu dengan kegiatan ini kita bisa mewarisi nilai-nilai budaya yang banyak mengandung budi pekerti dan mengandung pesan-pesan moral yang bermanfaat.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa mengikuti, tidak perlu berbesar-besar, sederhana saja, yang terpenting bagaimana seorang orang tua memperlakukan anaknya dan anaknya bisa mengenal dunia," katanya.

Seperti yang diperagakan dalam prosesi turun mandi, anak dicicipi yang manis-manis, dikenalkan yang asam dan pedas, karena dalam kehidupan sehari-hari nantinya anak dan cucu akan merasakannya semuanya.

Dikatakan, prosesi turun mandi dahulunya dilaksanakan di sungai atau di pincuran namun hari ini secara simbolis dilaksanakan di rumah. “Walaupun dilaksanakan di rumah, tetapi nilai-nilai yang ingin diambil tetap seperti yang diajarkan orang tua kita dahulu,” kata bupati.

Sementara dalam sambutan awalnya, Bupati Irdinansyah mewakili "sipangka alek" menyampaikan terima kasih atas kehadiran karib kerabat, tamu  undangan dan masyarakat pada acara syukuran atas kelahiran dua cucunya.

"Besar harapan dari kami keluarga besar, untuk mendo'akan kedua cucu kami agar nantinya menjadi anak yang soleh dan soleh, berbakti kepada kedua orang tuanya dan berguna bagi agama, nusa bangsa," harapnya.

Adapun yang berbahagia kedua orangtuanya, Ade Rizki Pratama, SE, MM dengan drg. Intan Febrina Syahdati atas kelahiran anak pertama mereka Prinselia Ghaida Adzkiana atau yang dipanggil Kiana, serta dr. Berriandi Arwan dengan dr. Suci Yaumi Syahdati atas kelahiran anak kedua mereka Gavino Aidan Bersya atau yang dipanggil Gavin.

Turut berbahagia juga keluarga besar H. Irdinansyah Tarmizi beserta Ibu Hj. Emi Irdinansyah, keluarga besar H. Nelson Septiadi beserta Ibu H. Emierti dan keluarga besar H. Aristo Munandar beserta Ibu Hj. Wartati.

Turut hadir Forkompinda, Raja Alam Pagaruyung, Pj. Sekda Helfy Rahmy Harun, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Ketua LKAAM Tanah Datar, Pimpinan BUMN/BUMD/Instansi Vertikal, Mantan Bupati Tanah Datar periode 2000-2005 H. Masriadi Martunus, tokoh-tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Prosesi turun mandi dipimpin Bundo Hj. Tri Murti dibantu bundo kanduang Tanah Datar. (Humas) 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id