Berita

BUPATI IRDINANSYAH RESMIKAN PEMAKAIAN MASJID AR-RAUDAH AIE ANGEK

Rabu, 10 April 2019 | 12:41 WIB | Seremonial
BUPATI IRDINANSYAH RESMIKAN PEMAKAIAN MASJID AR-RAUDAH AIE ANGEK

Masjid Ar-Raudhah yang dibangun dilokasi yang berada di pinggir jalan raya Padang - Bukittinggi serta berdekatan dengan pasar sayuran dan rest area oleh masyarakat nagari Aie Angek kecamatan X Koto dinilai sudah sangat tepat oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi.

Hal ini disampaikan saat meresmikan pemakaian masjid dan rumah Tahfidz Ar-Raudhah pada Rabu (10/4/19) di nagari Aie Angek.

Di kesempatan itu, Irdinansyah juga mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa pemerintah kabupaten Tanah Datar secara terus menerus melakukan program tahfidz qur’an,

Hal ini jelasnya, dikarenakan anak-anak yang hafidz qur’an cenderung pintar dan mereka juga memiliki akhlaq yang mulia. “Untuk itu sejak kami diamanahkan ole masyararakat Tanah Datar, semula cuma ada 6 rumah tahfidz sekarang sudah menjadi 156 rumah tahfidz dan 14 diantaranya menjadi binaan pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Tanah Datar memberikan reward anak-anak yang terbaik dan terbanyak dalam hafalan al qur’an untuk ikut studi banding ke luar negeri bersama anak-anak berprestasi lainnya.

“Hal ini kami lakukan guna untuk memberikan motivasi kepada anak-anak agar lebih giat dan rajin lagi dalam menghafal al qur’an,” kata Irdinansyah

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada tahun 2018 kemarin ada sebanyak 6 orang hafidz qur’an yang diberikan reward untuk pergi umrah ke tanah suci Makkah. Namun ini dananya tidak dari pemerintah daerah, melainkan dari para donatur yang sengaja ingin ikut memotivasi anak-anak kita dalam menghafal al qur’an.

Dan pada tahun ini, juga sudah ada 10 orang donatur yang mendaftar, sehingga pada tahun ini minimal akan ada 10 orang anak-anak kita yang hafidz qur’an akan diberangkatkan ke tanah suci, sambung Irdinansyah.

Irdinansyah juga menghimbau kepada warga masyarakat nagari Aie Angek untuk bisa memanfaatkan dan meramaikan masjid ini dengan baik. “manfaatkanlah masjid yang sudah kita bangun dengan penuh perjuangan ini untuk mendukung program pemerintah dalam menjadikan generasi yang qurani,” pungkasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman yang juga hadir di kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan masjid ini. Dia juga berpesan kepada pengurus masjid agar pandai-pandai dalam menjaga dan merawat masjid ini dengan baik, hal ini dimaksudkan agar semua pengunjung yang datang berkunjung untuk melaksanakan ibadah akan merasa lebih nyaman berada di masjid ini.

Sementara Wali Nagari Aie Angek Anwar, sebelumnya mengatakan bahwa masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat islam. Untuk itu dalam pemanfaatannya masjid tidak hanya digunakan untuk tempat shalat saja, melainkan juga bisa kita mafaatkan untuk berbagai kegiatan yang lainnya. Seperti sebagai pusat pendidikan keagamaan, syiar agama, bahkan masjid juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk menyelesaikan berbagai persolan lainnya. Namun pada dasarnya fungsi utama masjid adalah sebagai tempat ibadah, kata Anwar.

Untuk itu, sebagai tempat ibadah masjid seharusnya diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan, shalat, dzikir, membaca dan juga tempat untuk menghafal al qur’an, tambahnya.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Ny. Emi Irdinansyah, Kemenag, Kabag Humas dan Protokol Syahril, Camat X Koto Hendra Setyawan,Forkompinca, ninik mamak, serta undangan lainnya. (Humas-Hadi)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id