Berita
Tranfortasi Lokal

Tanah Datar Susun TATRALOK 2015-2020

Minggu, 03 November 2013 | 09:10 WIB | Lintas SKPD

Untuk mewujudkan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien di kabupaten Tanah Datar diperlukan perencanaan yang matang Tataran Transportasi Lokal (Tatralok), Untuk menyusun Tatralok tahun 2015-2020 Pemda Tanah Datar bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi.

Untuk mematangkan perencanaan berlangsung rapat antara Pemda Tanah Datar dengan pihak STTD di Aula Kantor Bupati setempat, Jumat (1-11), acara ini dibuka Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Hubkominfo Daryanto Sabir yang juga dihadiri pihak STTD Asrizal dan Rode Paulus Gagok dan Kepala SKPD terkait.

Pada kesempatan itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadis Hubkominfo Daryanto Sabir menjelaskan, penyusunan Tatralok dalam bentuk jaringan prasarana dan jaringan pelayanan transportasi serta keterpaduan antar dan intramoda transportasi yang disesuaikan dengan perkembangan ekonomi, tingkat kemajuan teknologi serta kebijakan tata ruang dan lingkungan.

Perencanaan adalah merupakan bagian awal dari keseluruhan proses pembinaan pemerintah dalam penyelenggaraan transportasi jalan, tahap ini merupakan tahap yang paling kritis karena proses perencanaan akan sangat menentukan keberhasilan dimasa yang akan datang, kalau perencanaan salah maka hasilnya juga tidak akan maksimal.  Untuk itu perlu dilakukan perencanaan yang  baik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dalam pertemuan itu juga banyak usul dan saran  dari peserta rapat dan masukan itu dijadikan acuan untuk penyempurnaan perencanaan Tatralok kabupaten Tanah Datar. Semula Tatralok ini disusun untuk tahun 2013 - 2018, karena tahun 2013 sudah jalan dan perencanaan tahun 2014 juga telah disusun, maka saran dari peserta rapat diusulkan untuk perencanaan tahun 2015-2010.

Pihak STTD Rode Paulus Gagok menjelaskan secara detail tentang perencanaan yang telah dibuat, lengkap dengan data dan peta wilayah, dari ekspos inilah peserta rapat menanggapi dan memberikan saran dan masukan yang sangat berharga sekali untuk kesempurnaan perencanaan Tatralok Tanah Datar.

Sistem perencanaan Tatralok ini bukan semata untuk transportasi darat, tetapi juga direncanakan sekaligus perencanaan transportasi Danau dan Sungai, transportasi perkereta apian serta transportasi udara, walaupun di Tanah Datar tidak ada trasportasi udara, namun transportasi darat sangat berpengaruh kepada transportasi udara.

Penyusunan Tatralok lokal ini juga mengacu kepada Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) dan Rencana Tata Ruang Pulau (RTRP), Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi (RTRWP) serta Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK), sehingga perencanaan Tatralok ini nantinya tidak menyimpang dari rencana tata ruang tersebut. (Humas Setda/Des).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id