Berita

PERINGATAN HARKITNAS DI TANAH DATAR, DITANDAI DENGAN PENYERAHAN PIALA PPD 2019

Senin, 20 Mei 2019 | 08:06 WIB | Seremonial
foto

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan sebagai bentuk penghormatan kepada pergerakan pemuda Tanah Air yang ditandai dengan berdirinya Organisasi Boedi Oetomo.

Hari peringatan tersebut telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden 316/1959, bahwa tanggal 20 Mei setiap tahunnya menjadi peringatan peristiwa Harkitnas.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar upacara peringatan Harkitnas yang ke 111 yang dilaksanakan di lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Senin (20/5).

Saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan pemilu yang telah lewat berjalan dengan lancar, kelancaran tentu berkat pengorbananan banyak saudara-saudara sebangsa yang menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bahkan sampai berkorban nyawa.

"Telah lebih dari satu abad kita peringati Harkitnas ini. Juga tidak lupa kita akan pesta demokrasi yang telah berjalan lancar, perngorbanan pun berjatuhan demi menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu itu. Alangkah eloknya jika kita mengucapkan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk undang-undang," ujar Wabup Zuldafri.

Selepas upacara Harkitnas, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyerahkan piala Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019, peringkat pertama kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Kabupaten se-Indonesia yang baru-baru ini diraih Kabupaten Tanah Datar dalam ajang Musrenbangnas 2019, kepada Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra.

"Dengan diraihnya piala PPD 2019, tentu ini menjadi gambaran kebangkitan Kabupaten Tanah Datar untuk lebih meningkatkan lagi prestasi-prestasi kita kedepannya," ujar Bupati Irdinansyah.

Sekilas tentang peraih piala PPD 2019 yaitu pemerintah pusat menilai bahwa Pemerintah Tanah Datar memiliki perencanaan pembangunan yang baik, berhasil menekan tingkat kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan berinovasi melalui program "Gerbang Cerdas" yang bermoto bahwa jangan ada anak Tanah Datar yang gagal melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri karena alasan biaya, karena pemerintah daerah akan memberikan bantuan.

"Inovasi tidak hanya lingkup Organisasi Perangkat Daerah, instansti vertikal juga ikut berkontribusi dalam pembangunan di Tanah Datar di antaranya, Jaksa Masuk Pasar, Polisi Peduli Anak dan banyak lagi kegiatan Forkopimda di bidang pemasyarakatan, intinya PPD adalah milik kita bersama, milik masyarakat Tanah Datar," ujar Bupati Irdinansyah.

Menambahkan apa yang disampaikan Bupati Irdinansyah, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyebutkan bahwa apa yang diraih adalah suatu hal yang sangat luar biasa, Tanah Datar mampu mengungguli kabupaten di seluruh Indonesia dalam perencanaan dan pembangunan daerah.

"Ini pertama kali kita menerima prestasi luar biasa ini, segelintir orang bertanya dimana Kabupaten Tanah Datar ini, yang mampu meraih peringkat pertama dalam perencanaan dan pencapaian terbaik kabupaten seluruh Indonesia. Kita sangat apresiasi apa yang telah dilakukan Bupati, Wakil Bupati serta Forkopimda yang selalu bersinergi dalam pembangunan di Tanah Datar ini," ujar Ketua DPRD.

Rangkaian cara pun dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Forkopimda, Penanda-tanaganan Deklarasi Generasi Muda Tanah Datar menolak LBGT, Judi dan Penyakit Masyarakat lainnya serta ziarah ke taman makam pahlawan Kusuma Bangsa. (Humas/rhn/heri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id