Berita

BUPATI IRDINANSYAH : KEWENANGAN BOLEH PINDAH, PERHATIAN KEPADA SLTA TETAP..

Minggu, 26 Mei 2019 | 05:34 WIB | Lintas SKPD
BUPATI IRDINANSYAH : KEWENANGAN BOLEH PINDAH, PERHATIAN KEPADA SLTA TETAP DIBERIKAN

Pindahnya kewenangan urusan pendidikan lanjutan atas ke provinsi seharusnya tidak menyebabkan hubungan pemerintah kabupaten/kota dengan pihak sekolah menengah atas menjadi berjarak.

Secara administrasi, urusannya sudah tidak ada lagi di tangan pemerintah kabupaten/kota tetapi karena lokasinya yang berada di kabupaten/kota perlu dijalin komunikasi dan koordinasi yang intens.

“Selama ini kesan ada jarak pihak sekolah SLTA dengan pemerintah kabupaten/kota dan ini perlu diluruskan, memang administrasinya sudah pindah ke Padang (provinsi) tetapi karena berada di Tanah Datar, kita punya tanggung jawab moril untuk tetap membantu kemajuan sekolah,” ungkap Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menerima Kepala Sekolah SMAN 3 Batusangkar Diwarman di Indo Jolito, Jum’at (24/05/2019).

Majunya pendidikan di tingkat SLTA jelas Irdinansyah menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Apalagi selama ini Tanah Datar dikenal sebagai kabupaten yang memprioritas pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Tanah Datar punya proram pembangunan yang disebut Gerbang Cerdas yaitu Gerakan Pembangunan Masyarakat Cerdas yang bertujuan menjamin perlakuan layanan pendidikan yang merata dan bermutu dalam rangka mewujudkan manusia yang beriman, berakhlak mulia, berilmu, sehat, berkarakter, cakap, kreatif, mandiri dan berbudaya. Inovasi ini tumbuh dari sebuah daerah yang minim Sumber Daya Alam tetapi cukup potensial Sumber Daya Manusia-nya, dengan program ini, pemerintah daerah ingin anak-anak Tanah Datar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri sebanyak mungkin sehingga nantinya Tanah Datar punya SDM yang unggul di berbagai bidang,” ucap Irdinansyah.

Untuk SMAN 3 Batusangkar sebut Irdinansyah sebagai salah satu sekolah favorit di Tanah Datar diakui memberi kontribusi besar dalam dunia pendidikan di Tanah Datar. Sekolah yang dulu menjadi sekolah dengan layanan keunggulan banyak menyumbang prestasi akademik dan non akademik di tingkat Sumatera Barat bahkan nasional.

“Selamat buat SMAN 3 Batusangkar pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2018/2019 berhasil berada di peringkat 7 di bidang IPA dan peringkat 6 bidang IPS dari lebih kurang 300 SMA yang ada di Sumatera Barat,” puji Irdinansyah.

Selain itu pemerintah daerah ungkap Irdinansyah akan mendukung kesiapan SMAN 3 Batusangkar yang berlokasi di Bukik Gombak menjadi Sekolah Berasrama (Boarding School).

“Kita akan upayakan bantuan hibah untuk pembangunan asrama sekolah minimal siap satu kelas sebagai salah satu syarat sekolah yang memakai sistem seleksi dalam penerimaa siswa barunya,” janji Irdinansyah.

Sementara Kepsek SMAN 3 Batusangkar Diwarman yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Erdi Maizul Dt. Rajo Malano menyambut baik dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Kewenangan pendidikan SLTA memang sudah pindah ke provinsi, tetapi keterkaitan sekolah dengan pemerintah kabupaten sangatlah kental. Sekolah siap mendukung program pemerintah daerah melahirkan generasi muda yang unggul di bidang SDM dan memiliki fondasi agama yang kuat dan akhlak yang mulia,” ungkapnya.

Terkait kebutuhan dana untuk pembangunan asrama siswa, Diwarman mengungkapkan kegembiraannya. “Jalan SMAN 3 Batusangkar yang mempunyai motto unggul dalam prestasi, berkarakter, bertaqwa dan berwawasan lingkungan untuk menjadi Boarding School kian terang, bantuan yang diberikan kami tentunya sangatlah berharga. Ndak cukuik jo tapak tangan jo niru kami tampuang,” sebut Diwarman lagi.

Ke depan sekolah akan terus meningkatkan kualitas yang sudah dimiliki. “Dengan peningkatan kualitas akademik dan program tahfiz,  kita ingin tidak hanya bisa berprestasi di tingkat provinsi tetapi juga di tingkat nasional,” ungkapnya.

“Alhamdulillah 120 siswa yang ikut ujian lulus 100 persen, sementara siswa kita yang diterima melalui jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 18 orang yang tersebar di Universitas Padjajaran, Unibraw Malang, UGM Yogyakarta, IPB, dan Unand,” jelasnya. (Humas-wn/rhn)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id