Berita
Sidang Paripurna DPRD Tanah Datar

JAWABAN BUPATI IRDINANSYAH ATAS PEMANDANGAN FRAKSI

Kamis, 30 Mei 2019 | 04:41 WIB | Parlementaria
JAWABAN BUPATI IRDINANSYAH ATAS PEMANDANGAN FRAKSI

Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra didampingi Wakil Ketua Irman dan Saidani serta 16 anggota DPRD lainnya mendengarkan jawaban Bupati Tanah Datar terhadap Pemandangan Fraksi-fraksi DPRD yang disampaikan sehari sebelumnya yang dilaksanakan di ruang sidang utama DPRD di Pagaruyung, Rabu (29/5/2019).

Di awal pemberian jawabannya, Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan terima kasih kepada dewan atas kesempatan yang diberikan dan juga sampaikan apresiasi atas kerja keras tim dan OPD yang telah mempersiapkan jawaban atas pertanyaan fraksi ini. “Terima kasih dan apresiasi kepada tim yang terlibat atas kerja kerasnya mempersiapkan jawaban ini, yang katanya sampai sahur tadi, semoga menjadi amal ibadah dan dibalas pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT, serta terima kasih kepada anggota dewan atas sumbangan pemikirannya,” kata Bupati. 

Selanjutnya Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang hampir sama, yakni terhadap pertanyaan tentang tidak tercapainya target PAD dari Rp.1,297 triliun lebih hanya tercapai Rp.1,230 triliun lebih. 

“Tidak tercapainya target PAD disebabkan beberapa faktor, dan faktor pajak memang ada yang tidak capai target karena perubahan regulasi namun ada juga yang melebihi target, namun sesuai saran dan arahan anggota dewan, ke depan akan kita evaluasi dari seluruh elemen, sehingga potensi pajak ke depannya mampu meningkatkan PAD. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah deviden Pemda Tanah Datar di Bank Nagari sudah menurun, dari 10,5 % menjadi di kisaran 7,2% yang disebabkan kabupaten/kota di Sumbar meningkatkan penyertaan modalnya di Bank ini,” terang Irdinansyah.

Sedangkan tentang laju pertumbuhan ekonomi yang stagnan, kata Irdinansyah, sebenarnya Tanah Datar terjadi peningkatan. “Pertumbuhan ekonomi Tanah Datar 2016 sebesar 5.03, sedangkan 2017 menjadi 5,12 yang berada diatas pertumbuhan ekonomi nasional yaitu di angka 5,07,” katanya. 

Kemudian Bupati menjawab pertanyaan tentang pendidikan yang disampaikan fraksi PAN, dimana diungkapkan ada calon peserta didik baru bersertifikat 4 juz namun tidak diterima di SMP 5 yang merupakan sekolah favorit. “SMP 5 sebagai sekolah rintisan berasrama dan telah banyak ukir prestasi maka diberikan kesempatan mengatur PPDB sendiri dengan tetap berpedoman Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018, terutama pasal 16 ayat 3 yang menjelaskan daya tampung sekolah melalui jalur prestasi adalah 5% dari 3 lokal dengan murid 72 siswa dan didapatlah angka 4 orang. Namun sehubungan yang daftar ada 6 orang maka dilakukan seleksi, namun Kadis Pendidikan dan Kepsek sudah berkoordinasi sehingga siswa yang 2 lagi bisa bersekolah di sana,” sampainya. 

Di kesempatan selanjutnya Irdinansyah dalam 35 lembar menyampaikan jawaban atas semua padangan 9 fraksi DPRD Tanah Datar yang disampaikan sehari sebelumnya. Seperti pendapatan yang sah melebihi target, dimana target Rp.43 Milyar lebih namun terealisasi sebesar Rp. 44 Milyar lebih, hal ini disebabkan adanya realisasi hibah dari pemerintah yang melebihi target yaitu hibah air limbah setempat (Sanitasi). 

Untuk realisasi penerimaan pajak daerah yang bersumber dari pajak Hotel ada Rp. 875.872.638,-, restoran Rp.2.504.897.570,- hiburan Rp. 19.745.000,- Reklame Rp.152.450.339,- pajak mineral bukan logam dan batuan Rp. 1.185.557.283,18,- dan PBB Perdesaan dan Perkotaan Rp.1.926.940.741,- 

Di akhir penyampaiannya Bupati menyampaikan permohonan maaf, kalau tanggapan dan jawaban ini belum sempurna dan akan disempurnakan dalam rapat-rapat selanjutnya. (Humas-dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id