Berita

SUASANA KHIDMAT SHALAT IDUL FITRI 1440 H DI BATUSANGKAR

Rabu, 05 Juni 2019 | 16:59 WIB | Umum
SUASANA KHIDMAT SHALAT IDUL FITRI 1440 H DI BATUSANGKAR

Batusangkar, Sumatera Barat- Pelaksanaan shalat hari raya Idul Fitri 1440 H di lapangan Cindua Mato Batusangkar berlangsung khidmat. Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru kota Batusangkar dan sekitarnya tumpah memenuhi lapangan yang berada di pusat kota ini, Rabu (05/06).

Walau semalam kota Batusangkar sempat diguyur hujan lebat, namun itu tak mengurangi niat masyarakat untuk berkumpul menunaikan ibadah kemenangan bagi umat muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh tersebut.

Tampil sebagai khatib sholat hari raya Idul Fitri 1440H itu ustadz. Drs.H. Syafrizal Syukur dari Pekanbaru Riau dan bertindak sebagai imam H. Alfion. S.Ag.

Dari ribuan jamaah yang tengah khusuk melaksanakan ibadah sholat Ied itu juga tampak Ketua DPRD Anton Yondra, Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf. Edi S Harahap, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Parajas dan Forkopimda lainnya.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada kesempatan itu atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat datang pada para perantau yang pulang kampung lebaran tahun ini.

"Selamat datang di kampung halaman, semoga selama libur lebaran di kampung dapat berkontribusi, memberikan masukan bagi kemajuan daerah kedepan," ucapnya.

Bupati juga sampaikan keberhasilan pembangunan daerah yang mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik pertama se-Indonesia di bidang pembangunan. "Prioritas pembangunan kita tidak semata fisik namun juga di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), bidang pertanian, peningkatan sektor pariwisata, infrastruktur dan pelayanan publik," ulasnya.

Irdinansyah juga menyebut indikator capaian keberhasilan salah satunya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, peningkatan pendapatan masyarakat, turunnya angka kemiskinan, walau masih terdapat 5,12 persen masyarakat Tanah Datar dianggap miskin.

Dari itu katanya, pemerintah daerah akan terus berupaya menurunkan angka tersebut dengan berbagai upaya dan program-program daerah yang berbasis kerakyatan.

"Dalam membentuk karakter anak-anak kita dengan mencanangkan kabupaten tahfizh, kita memberikan kesempatan pada peserta didik mulai dari TK hingga SLTA untuk menghafal alquran, bagi yang terbaik kita berikan reward study komperatif keluar negeri hingga umrah ke tanah suci Mekkah untuk 10 orang yang terbanyak hafalan alqurannya," tambah Irdinansyah.

Sebelumnya Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan rangkaian pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1440H, dari takbiran keliling diganti dengan festival lomba takbiran yang diikuti oleh remaja masjid dari 14 kecamatan se-Tanah Datar.

"Pada tahun ini lomba takbiran tersebut sudah yang keempat kalinya dilaksanakan di Tanah Datar, kami selaku PHBI sangat menyambut baik dan sampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah daerah," ucapnya.

Dari laporan keuangan PHBI, sisa kas dari Idul Fitri tahun lalu disebutkannya sebesar Rp129 juta lebih, infak Idul Adha 1439 H sebanyak Rp24 juta lebih, total keseluruhan Rp150 juta lebih. 

Kegunaan dana PHBI ini dilaporkan Zuldafri Darma, telah dipergunakan untuk kegiatan Idul Adha 1439 H sebesar Rp6 juta lebih, bantuan untuk 7 masjid sebesar Rp17 juta lebih, 18 mushalla Rp27 juta, panti asuhan Rp8 juta dan untuk bantuan pandam pekuburan sebesar Rp10 juta dan pembelian tikar sholat Rp7 juta lebih, sisa kas Rp76 juta lebih.

Sementara itu Ketua DPRD Anton Yondra singgung kepulangan para perantau Tanah Datar yang tidak pulang kampung tahun ini terkait harga tiket pesawat yang mahal dan juga waktu libur yang tidak lama. Sehingga banyak nagari-nagari yang tidak menggelar pulang basamo.(Humas-rilis/Irfan F)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id