Berita

TURUT NIKMATI PERAHU RAUN, WABUP ZULDAFRI TUTUP LOMBA PERAHU

Minggu, 16 Juni 2019 | 00:41 WIB | Seputar Kecamatan
TURUT NIKMATI PERAHU RAUN, WABUP ZULDAFRI TUTUP LOMBA PERAHU

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma sebelum menutup Lomba Perahu di Talago Anguih Simpang Kulik Manih Nagari Taluak Kecamatan Lintau Buo menyempatkan diri naik perahu mengitari talago yang punya luas 2,5 ha ini bersama rombongan, Sabtu (15/06/2019).

Didampingi walinagari, ketua panitia dan tokoh masyarakat, Wabup Zuldafri bersama Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr Ermon Revlin dan Camat Lintau Buo Zulkifli Idris terlihat sangat menikmatinya, bahkan Wabup sempat menjadi operator perahu mesin tempel yang disebut perahu raun oleh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wabup Zuldafri menyampaikan apresiasi dan bangga atas kekompakan unsur masyarakat setempat. “Menjadikan Talago Aguih sebagai objek wisata baru dan menyelenggarakan iven tentunya tidak lepas atas kekompakan unsur masyarakat, mulai pemerintah nagari, ninik mamak dan pemuda untuk melahirkan ide-ide baru untuk kemajuan nagari,” sebut Zuldafri.

Apa yang dikembangkan nagari, jelas Wabup sudah sejalan dengan program pemerintah daerah. “Nagari saat ini mengembangkan sektor pariwisata, artinya ini sejalan dan mendukung program pemerintah daerah yang salah satu program prioritasnya adalah pengembangan sektor pariwisata. Untuk itu pemerintah siap mendukung,” urainya lagi.

Manajemen pengelolaan dan penambahan sarana pendukung sebagai sebuah objek wisata juga perlu dipikirkan.

Wabup Zuldafri juga imbau masyarakat yang datang untuk membantu mempromosikan wisata Talago Anguih. “Saat ini sudah hampir semua kita memiliki handphone android, ayo seluruh masyarakat di Taluak maupun yang berkunjung ambil foto, upload dan share di media-media sosial, agar masyarakat di luar sana tahu di Taluak ada objek wisata wahana air,” sarannya.

Ketua Panitia Wendri Aswil menyampaikan objek wisata Talago Anguih lahir atas kerjasama pemuda dengan pemerintah nagari dan mendapat dukungan ninik mamak dan tokoh masyarakat. “Iven pacu biduak dimulai pada tanggal 7 Juni yang lalu, untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri sekaligus launching Objek Wisata Talago Anguih di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BumNag),” sampainya.   

Walinagari Taluak Pendi Aswil dalam sambutannya berharap Talago Anguih akan menjadi sumber Pendapatan Asli Nagari yang potensial. Pendi juga berharap iven pacu perahu untuk pertama kali digelar ini bisa masuk menjadi kalender wisata pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Iven Pacu Perahu dengan total hadil Rp. 8 juta yang selalu dibanjiri penonton ini terbagi dua kelas, kelas pelajar diikuti 24 tim dan kelas senior diikuti 54 tim yang berasal dari Taluak dan sekitarnya termasuk kabupaten tetangga. Di partai final kelas senior Tim Rajo Adat menjadi Juara I unggul atas Avatar dan Pokan Jumat.  Sementara kelas pelajar yang jadi pemuncak Tim Kareta Balampu unggul atas Tim Pancucuak Labu. (Humas-rilis/wn-irfan)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id