Berita

SAAT YANG LAIN BELUM TERPIKIRKAN, AISYIYAH SUDAH DIRIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Minggu, 16 Juni 2019 | 11:12 WIB | Seremonial
SAAT YANG LAIN BELUM TERPIKIRKAN, AISYIYAH SUDAH DIRIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Seratus tahun yang lalu, di saat bangsa Indonesia masih terbelenggu penjajahan, kebodohan dan kemiskinan ada di mana-mana. Sebuah organisasi ortonom perempuan Muhammadiyah yang bernama Aisyiyah sudah berbuat untuk bangsa ini di ranah agama, sosial, kesehatan dan ekonomi keumatan.

Peran dan kiprahnya siapa pun tidak bisa meragukan. Begitu banyak amal usaha yang dijalankan yang menyentuh seluruh lini kehidupan masyarakat dan tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Provinsi Sumatera Barat, Dra. Hj. Meiliarni Rusli saat menghadiri Milad Aisyiyah ke-102 dan TK Aisiyah Bustanul Athfal ke-100, Sabtu (15/06/2019) di Gazebo Indo Jolito Batusangkar juga menceritakan pada tahun 1919 saat orang belum berbicara tentang PAUD, Taman Kanak-Kanak, namun Aisyiyah sudah mendirikan pendidikan dini untuk anak-anak yang bernama Frobelschool dan kemudian berganti nama menjadi TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) hingga saat ini. Dan itu didirikan secara mandiri tanpa bantuan pemerintah dengan barter beras, bawang dan juga cabe pada masa itu.

“Aisyiyah adalah organisasi perempuan Muhammadiyah yang berjuang di bidang sosial, masyarakat dan agama dan resmi lahir pada tanggal 19 Mei 1917 M bertepatan dengan 1335 H dan dua tahun kemudian 1919 lahirlah TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA),” sampainya.

Memanfaatkan momentum milad sesuai imbauan Pimpinan Pusat Aisyiyah, Meiliarni jelaskan milad sebagai upaya kita mengingat ke belakang dan itu juga sesuai dengan anjuran agama yang tercantum dalam Alquran.

"Kita menengok ke belakang untuk melihat bagaimana Aisyiyah dan Muhammadiyah memilih gerakan dakwah non politik, walau dalam melakukan kebaikan itu juga butuh kekuasaan, tetapi dengan seluruh sumber daya yang dimiliki kita turut berkontribusi membangun bangsa ini," ucapnya.

Senada dengan itu Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Tanah Datar, Dra. Hj. Rusyda Rusli, M.Pd. sampaikan peringatan atau milad ini merupakan upaya mengenang dan mengambil ibrah (keteladanan) dari perjuangan Aisyiyah itu sendiri. Tema Milad Aisyiyah tahun ini yaitu, "aktualisasi risalah pencerahan untuk dakwah melintas batas dan berkhidmat untuk negeri."

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Datar, Drs. Juliasman Khas menyebutkan kiprah Aisyiyah sudah diakui umat. Pemerintah juga turut memberi penghargaan, di bidang pendidikan dari Menteri Pendidikan, di bidang kesehatan juga mendapat penghargaan yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, begitu juga dengan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Juliasman mengatakan saat ini di Tanah Datar ada 19 TK Aisyiyah, itu merupakan kekuatan, aktualisasi risalah pencerahan untuk dakwah dan mencetak generasi yang Islami yang qurani.

"Selamat satu abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal, dengan harapan perkokoh kekuatan, saling tolong-menolong, bangun jembatan hati, sesuai dengan namanya gerakan, jangan sampai sama hari ini dengan esok, harus lebih baik dan itu perlu kekuatan yang sesuai dengan ajaran Islam, dakwah amar ma'ruf nahi munkar," pesannya.

Bupati Irdinansyah Tarmizi yang hadir dalam kesempatan itu turut mendorong Aisyiyah semakin berkiprah.

“Muhammadiyah dan Aisyiyah merupakan pilar pemberdayaan masyarakat dan perekonomian di Indonesia, keduanya sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh bangsa. Tanah Datar pun sangat terbantu dengan kiprah dan kontribusinya," ucapnya. 

Bupati juga dorong masyarakat mempercayakan pendidikan anak-anak pada Aisyiyah dan Muhamadiyah dan lembaga pendidikan keagamaan lainnya.

"Tidak akan rugi kita para orang tua yang mempercayakan pendidikan anak pada jalur pendidikan agama Islam seperti Muhammadiyah dan Aisyiyah ini" tuturnya.

Seperti yang dikutip dari laman Wikipedia, organisasi Aisyiyah memiliki banyak amal usaha yang bergerak di berbagai bidang. Salah satunya di bidang pendidikan, Saat ini Aisyiyah telah dan tengah melakukan pengeloaan dan pembinaan sebanyak: 86 Kelompok Bermain/ Pendidikan Anak Usia Dini, 5865 Taman-Kanak-Kanak, 380 Madrasah Diniyah, 668 TPA/TPQ, 2.920 IGABA, 399 IGA, 10 Sekolah Luar Biasa, 14 Sekolah Dasar, 5 SLTP, 10 Madrasah Tsanawiyah, 8 SMU, 2 SMKK, 2 Madrasah Aliyah, 5 Pesantren Putri, serta 28 pendidikan Luar Sekolah. Saat ini Aisyiyah juga dipercaya oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan ratusan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk pendidikan tinggi Aisyiyah memiliki 3 Perguruan Tinggi, 2 STIKES, 3 AKBID serta 2 AKPER di seluruh Indonesia. (Humas-rilis/wn-Irfan F)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id