Berita

TANAH DATAR SIAP JADI TUAN RUMAH PORPROV 2022, TIM VERIFIKASI TINJAU LAPANGAN

Kamis, 20 Juni 2019 | 05:34 WIB | Lintas SKPD
TANAH DATAR SIAP JADI TUAN RUMAH PORPROV 2022, TIM VERIFIKASI TINJAU LAPANGAN

Untuk melihat kesiapan Tanah Datar menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi Sumatera Barat ke-17 tahun 2022 mendatang, Tim Verifikasi datang melakukan pertemuan dengan pemerintahan daerah dan KONI setempat.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmzi dalam sambutannya di depan rombongan yang disambut di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (19/06/2019) menyatakan kesiapan pemerintah daerah selaku tuan rumah Porprov  3 tahun mendatang.

“Dengan sarana dan prasarana yang ada sudah ada maupun yang akan dibangun, kita siap menjadi tuan rumah yang baik untuk penyelenggaraan Poprov ke-17 tahun 2022,” ucap bupati.

Untuk lokasi pertandingan, jelas bupati Tanah Datar memiliki banyak pilihanl termasuk akan dibangunnya Sport Center di Kecamatan Tanjung Emas.

Sarana pendukung lainnya terang bupati, Tanah Datar memiliki sarana pendukung yang cukup baik seperti ketersediaan hotel bintang 4, bintang 2, bintang 1 maupun homestay. Seandainya diputuskan penginapan atlet memakai sekolah, banyak sekolah yang berlokasi di seputaran kota Batusangkar sehingga memudahkan mobilitas atlet dan ofisial.

“Kita juga akan benahi MCK sekolah-sekolah sehingga akan lebih nyaman dan tidak terjadi antrian yang terlalu panjang saat akan mandi,” janjinya lagi.

Selain itu Tanah Datar dikenal sebagai daerah yang kaya dengan destinasi wisata baik wisata budaya, sejarah, alam yang indah serta memiliki kuliner yang beragam yang menjadi nilai plus bagi atlet dan masyarakat yang datang dari seluruh kabupaten/kota.

Namun sehubungan ada tawaran dari Kota Padang Panjang menjadi tuan rumah bersama. “Kami juga siap menjadi tuan rumah bersama, Padang Panjang lahir dari rahim Tanah Datar sehingga bisa disebut saudara jika tidak tepat dibilang ibunya Padang Panjang,” terang bupati.

Senada dengan itu Ketua DPRD Anton Yondra mengatakan atas nama masyarakat, menyambut baik jika Tanah Datar terpilih selaku tuan rumah. “Terakhir pada Porprov ke-3 tahun 1990 atau 32 tahun silam pada tahun 2022 mendatang jika Tanah Datar menjadi tuan rumah. Jadi sudah pantas kembali (menjadi tuan rumah) dan masyarakat bersama DPRD siap mendukung,” tegasnya.

Ketua KONI Tanah Datar Doni dalam paparannya yang juga dihadiri pengurus KONI Tanah Datar dan ketua-ketua cabang olah raga, menyebutkan beberapa lokasi pertandingan yang dimiliki seperti GOR, Lapangan Sepakbola dan Futsal, Gedung, Danau Singkarak, Batang Sinamar, Bumi Perkemahan Pagaruyung dan lainnya.

“Selain itu pemerintah daerah akan membangun Sport Center, berharap dengan dukungan APBN, APBD Prop dan Kabupaten bisa digunakan tahun 2022 saat Porprov dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Verifikasi N. Nofi Sastra menjelaskan tujuan kedatangan tim verifikasi untuk memastikan kesiapan Tanah Datar sebagai tuan rumah. “Kita datang untuk mendengar pemaparan kesiapan menjadi tuan rumah sekaligus meninjau ke lapangan. Sebelumnya kami sudah ke kota Padang Panjang melihat kesiapan menjadi tuan rumah bersama. Usulan tuan rumah bersama hal baru dalam Poprov Sumbar” sampainya.

Tim akan berusaha seobjektif mungkin jelas Nofi, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan akan dicatat untuk dibahas bersama tim sehingga nanti hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Disebutkan selain Padang Panjang dan Tanah Datar calon tuan rumah bersama,  masing-masing Kota Pariaman dan Kota Solok juga berminat. Sementara untuk tuan rumah Porprov ke-16 tahun 2020 dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat.

Turut hadir Wakil Ketua Umum II KONI Sumbar Fazril Ale bersama Sekum KONI dan anggota tim di antaranya Revi Lazuardi, Muchtar Anwar, Dedi Mulya dan Musfi Yendra, Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Kepala OPD terkait. (humas-rilis/wn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id