Berita

EDI SUSANTO : MASYARAKAT DIIMBAU JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Jumat, 21 Juni 2019 | 04:36 WIB | Seputar Kecamatan
EDI SUSANTO : MASYARAKAT DIIMBAU JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Kesadaran ini yang perlu ditumbuhkan di tengah-tengah masyarakat. Kalau hanya mengandalkan petugas kebersihan sementara masyarakat tidak peduli terhadap lingkungannya, niscaya alam akan semakin cepat rusak.

Hal ini yang disampaikan Asisten Ekobang Kabupaten Tanah Datar Edi Susanto di sela-sela aksi bersih-bersih bersama jajaran Dinas Perkim LH, camat, Forkompinca, wali nagari, TNI/Polri dan masyarakat setempat di objek wisata Lembah Anai Kecamatan X Koto, Jum’at pagi (21/06/2019).

Melihat kondisi sampah berserakan di Batang Anai, Edi Susanto menyesalkan sebagian pengunjung dan pedagang masih membuang sampah sembarangan ke sungai. “Sebagian pengunjung dan pedagang yang berjualan di sekitar objek wisata masih ada yang membuang sampah ke Batang Anai padahal sudah disediakan kontainer sampah. Ini mengganggu pandangan, mendatangkan penyakit dan bau yang kurang sedap serta sungai akan tercemar,” jelas Edi.

Edi Susanto juga katakan volume sampah meningkat usai liburan lebaran atau saat libur atau akhir pekan. “Sebagian masyarakat ada yang membuang sampah keluar kendaraan baik saat parkir maupun macet. Ini bukan budaya yang baik,” tegasnya.

Mengingat panjangnya jalur yang harus dijaga kebersihannya, Edi katakan masih dibutuhkan tambahan fasilitas kontainer 1 unit lagi dan 1 unit becak motor untuk mobilisasi transit pengumpulan sampah yang jauh dari kontainer serta penambahan petugas K3. “Pengadaan tersebut bisa difasilitasi melalui anggaran nagari,” harap Edi.

Kegiatan juga diisi sosialisasi kepada pengunjung dan pedagang di sekitar lokasi. “Setelah kita beri pengertian, pemilik kedai dan rumah makan sepakat untuk menjaga kebersihan, membuang sampah ke kontainer dan menyediakan tong sampah. Kalau tidak kita yang menjaga lingkungan bersama-sama, siapa lagi yang bisa diharapkan. Lingkungan bersih yang untung juga masyarakat dan pedagang setempat,” tutupnya. (Humas-rilis/wn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id