Berita

Pj. SEKDA HELFY RAHMY LANTIK 148 KEPALA UPT SD DAN SMP

Jumat, 21 Juni 2019 | 15:45 WIB | Seremonial
Pj. SEKDA HELFY RAHMY  LANTIK 148 KEPALA UPT SD DAN SMP

Sebanyak 148 orang Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dilantik dan diambil sumpah oleh Pj. Sekretaris Daerah Tanah Datar Helfy Rahmy Harun di Aula Kantor Bupati Pagaruyung, Jum'at sore (21/6/2019).

Helfy Rahmy dalam sambutannya menyampaikan pelantikan yang dilakukan merupakan pengisian kepala UPT sekolah yang kosong karena pensiun dan banyak guru kelas diberi tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) memenuhi imbauan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8356 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Lebih lanjut, Sekda katakan secara umum persyaratan administrasi yang perlu terpenuhi  adalah Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) Calon Kepala Sekolah.

"Alhamdulillah saat ini sudah cukup banyak guru yang telah memiliki, namun belum seluruhnya bisa terpenuhi untuk menjabat Kepala UPT atau sering disebut kepala sekolah," ujar Rahmy.

Sementara untuk mengisi kekurangan guru, pemkab Tanah Datar  akan mengusulkan ke Kemenpan dan RB RI sebanyak 65 orang formasi tahun 2019.

Sekda juga mengatakan bahwa tugas seorang guru cukuplah berat, di samping sebagai tenaga pendidik, fasilitator, pelayan, perancang, pengelola dan penilai terhadap hasil belajar anak didikannya juga ada yang ditambah dengan tugas kepala sekolah.

"Kepala sekolah dituntut untuk mampu membuat perencanaan program sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi," tutur Sekda.

Tak hanya itu Sekda berharap kepada seluruh guru yang hadir pada acara tersebut yang dipercaya sebagai kepala sekolah maupun pengawas dan UPT  harus bekerja sungguh-sungguh dalam mendidik dan membina muridnya sesuai tugas dan tanggung jawab.

"Amanah yang dilaksanakan dengan sepenuh hati, jujur, ikhlas serta sesuai aturan dan jangan sekali-kali melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang  berlaku", pesan Sekda.

Sementara itu Kepala BKPSDM Tanah Datar Suhermen mengatakan  pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penugasan guru sebagai Kepala UPT SD dan SMP sebanyak 148 orang terdiri dari 127 kepala UPT SD dan 21 Kepala UPT SMP terhitung mulai tanggal pelantikan. (humas/eri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id