Berita
Silatnas IV IKPR Bengkulu Resmi Dibuka

WABUP ZULDAFRI : IKPR WADAH MENUANGKAN GAGASAN

Sabtu, 06 Juli 2019 | 00:05 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI : IKPR WADAH MENUANGKAN GAGASAN

Silaturahmi Nasional IV Ikatan Keluarga Pangian Raya (IKPR) Bengkulu yang dilaksanakan di hotel Rafles City Bengkulu, Jumat malam (5/7) resmi dibuka oleh Gubernur Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh asisten Administrasi H. Gotri Suyatno.

Ketua panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa silatnas IKPR Bengkulu ini akan diselenggarakan selama tiga hari mulai dari tanggal 5-7 Juli dan akan diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari pengurus IKPR, IKPR pusat, unsur nagari Pangian, alim ulama, pengurus surau, dan pengurus pondok tahfidz. 

Dengan mengusung tema Silatnas IKPR IV tahun 2019 adalah momentum untuk rekonsiliasi, konsolidasi potensi anak nagari menuju Pangian yang maju, bersatu, dan bermartabat diharapkan mampu membentuk kepengurusan pusat IKPR periode 2019-2024, membentuk program akselerasi pembangunan masjid Al-qubro dan terbentuknya rekomendasi dari seluruh anak nagari di masa mendatang termasuk pedoman dalam pengelolaan masjid Al-qubro Pangian. 

Pemuka Masyarakat Minang Bengkulu H. M Yunus Said yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa bangganya sebagai orang Minangkabau. Menurutnya kekerabatan yang dianut oleh masyarakat minanglah yang menjadikan orang minang kompak dan perhatian dari niniak mamak juga sangat mendukung.

Dia juga mengatakan bahwa silatnas kali ini juga berkat dari hubungan kekerabatan yang dianut oleh masyarakat Minangkabau. "Ikatan keluarga ini benar-benar sebuah keluarga, hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang datang dari berbagai daerah. Mereka tidak pernah memikirkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan dan habiskan hanya untuk menghadiri silatnas ini, dan saya sangat bangga dengan ini," kata H. Yunus.

Dia juga berharap agar silatnas ini bisa membawa berkah dan menjadi momentum yang baik untuk membangun nagari. 

Sementara Wabup Zuldafri Darma dalam sambutannya menyampaikan bahwa Silatnas IKPR Bengkulu ini sangat luar biasa, karena disamping dihadiri oleh hampir seluruh pengurus IKPR se-nusantara juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi provinsi Bengkulu dan kota Bengkulu.

"Saya sangat yakin sekali bahwa kehadirannya kita semua disini karena kepedulian kita yang tinggi terhadap kemajuan pembangunan kampung halaman," kata Zuldafri Darma. 

Dia juga katakan bahwa dari apa yang telah disampaikan oleh ketua panitia, wali nagari Pangian dan pemuka masyarakat minang Bengkulu dapat disimpulkan bahwa IKPR merupakan sebuah wadah kita bersama dalam menyampaikan dan menuangkan gagasan dan ide-ide dalam melakukan lompatan ke arah yang lebih baik untuk membangun nagari Pangian.

"Untuk itu mari kita melalui silatnas ini mari bersama-sama kita melakukan evaluasi apa yang harusnya kita lakukan untuk kemajuan nagari Pangian dan janganlah kita memikirkan keuntungan apa yang akan kita dapatkan," tambahnya. 

Patut diapresiasi sebut Zuldafri,  masyarakat nagari Pangian berani bermimpi besar. Karena dengan hanya bermodalkan 200 juta rupiah, ingin membangun masjid Al-qubro yang akan menghabiskan anggaran sekitar 5 miliar rupiah. "Untuk itu mari kita manfaatkan semua potensi yang ada agar apa yang telah menjadi mimpi besar kita ini menjadi kenyataan dan kebanggaan kita bersama, ajak Zuldafri Darma dihadapan seluruh peserta silatnas dan undangan yang hadir.

"Atas nama pemerintah kabupaten Tanah Datar, saya juga siap mendukung dan mewujudkan apa yang telah menjadi mimpi besar kita ini," sambungnya.

Terakhir kepada gubernur Bengkulu melalui Asisten Administrasi Umum dan walikota Bengkulu, wabup Zuldafri Darma juga menitipkan seluruh warga Pangian yang berada di Bengkulu. "Atas nama pemerintah kabupaten Tanah Datar kami menitipkan warga kami yang berada di Bengkulu, agar juga diikutsertakan dalam mensukseskan setiap program pemerintah provinsi Bengkulu dan kota Bengkulu," kata wabup. 

Sementara Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu H. Gotri Suyatno dalam sambutannya saat membuka acara Silatnas IKPR Bengkulu mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Bengkulu menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di Bengkulu. 

Dia juga menyampaikan harapan pemerintah provinsi Bengkulu agar seluruh warga IKPR yang berada di Bengkulu bisa ikut mendukung seluruh program pemerintah provinsi Bengkulu. Apalagi menurutnya saat ini pemerintah provinsi Bengkulu sedang gencar melakukan pembangunan guna membuka akses antar provinsi Bengkulu dengan provinsi tetangga melalui jalur transportasi baik darat maupun udara.

"Sebenarnya antara Bengkulu dan Sumatera Barat memiliki hubungan yang sangat erat, baik secara geografis maupun sejarah. Sebagai contohnya, kalau disini ada Bung Karno yang kebetulan beristrikan Ibu Fatmawati yang kebetulan asli orang Bengkulu sementara kalau di Sumatera Barat ada Bung Hatta yang asli orang Sumatera Barat. Jadi sebenarnya dari dulu antara Bengkulu dan Sumatera Barat memiliki ikatan emosional yang kuat," ujarnya. 

Turut hadir Camat Lintau Buo Zulkifli Idris, Wali Nagari Pangian beserta unsur di nagari, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri, Ketua IKPR Pusat Markarius Anwar dan tamu undangan lainnya. (Humas-rilis/Hadi)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id